Begini Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi.
Begini Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi.

Droidif.com, Sariawan pada bayi sering ditandai dengan bercak putih pada lidah bayi, gusi dan bagian bibir. Kondisi ini lebih sering terjadi pada bayi yang berusia lebih dari 2 bulan dan juga lebih tua dari itu. Umumnya ketika hal ini terjadi maka bayi tidak mau minum ASI atau susu dalam botol. Bayi terlihat tidak nyaman dan bayi menangis terus menerus karena tidak bisa minum ASI atau susu dengan nyaman. Cara mengatasi sariawan pada bayi ada beberapa cara, namun sebaiknya periksakan bayi terlebih dahulu ke dokter.

Begini Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi.
Begini Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi.

Bintik putih kecil ini disebut sariawan dan sering menyebabkan bayi merasa sakit saat minum susu. Umumnya sariawan pada bayi akan sembuh sendiri dan biasanya akan terjadi dalam waktu yang singkat. Namun jika sariawan membuat bayi rewel dan sulit minum ASI/susu maka lakukan beberapa langkah berikut ini:

Obat Anti Jamur Mikonazol

Obat anti jamur mikonazol sering diresepkan oleh dokter untuk menyembuhkan sariawan pada bayi yang disebabkan oleh infeksi jamur. Obat yang berbentuk gel ini sangat ringan dan bisa digunakan oleh semua usia bayi. Meskipun beberapa dokter mungkin tidak akan meresepkan obat ini untuk bayi berusia kurang dari 4 bulan.

Begini Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi.
Begini Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi.

Mikonazol diberikan dengan cara mengoleskan gel secara langsung ke bagian sariawan. Untuk menghindari infeksi maka cuci bersih jari Anda sebelum memberikan obat untuk bayi.

Nistatin (untuk oral thrush)

Untuk bayi yang terkena infeksi jamur yang sering menyebabkan bercak putih pada mulut dan lidah, maka cara mengatasi sariawan pada bayi tersebut orang tua bisa memberikan obat nistatin. Obat ini bisa melawan reaksi jamur dan mematikan perkembangan jamur penyebab sariawan pada bayi.

Obat ini berbentuk tetes atau cairan sehingga harus diberikan secara hati-hati agar tidak masuk ke saluran pencernaan. Cara pemberian dilakukan secara langsung ke bagian sariawan dengan pipet.

Berikan Paracetamol / Ibuprofen

Seringkali bayi yang terkena sariawan akan merasa tidak nyaman. Tubuh bayi akan memberikan reaksi panas karena rasa sakit yang tidak nyaman. Untuk mengurangi rasa sakit dan demam maka Anda bisa memberikan paracetamol atau obat ibuprofen yang berbentuk sirup.

Pemberian obat ini akan mengurangi rasa sakit akibat sariawan dan bisa membuat bayi istirahat dengan baik. Namun sebaiknya obat diberikan sesuai dosis yang disarankan oleh dokter. Atau agar lebih aman maka lakukan cara mengatasi demam pada bayi.

Berikan Cairan

Bayi yang terkena sariawan umumnya akan sangat rewel karena tidak bisa makan dengan baik. Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah memberikan cairan yang cukup. Berikan cairan seperti ASI atau susu formula. Cairan ini akan menjadi pengganti makanan untuk tubuh dan bisa membuat bayi agar tidak bertambah sakit. Anda bisa membujuk bayi untuk tetap menyusui dengan payudara atau botol susu.

Jika bayi sudah menerima makanan atau minuman tambahan, maka berikan jus yang mengandung vitamin C tinggi. Ibu menyusui juga jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda dan kafein. Terlebih untuk program ASI esklusif maka ibu harus menjauhi semua pantangan ibu menyusui.

Oleskan Minyak Kelapa

Anda juga bisa menyembuhkan sariawan pada bayi dengan minyak kelapa murni. Minyak kelapa mengandung asam kaprilat yang bisa melawan pertumbuhan jamur dan bakteri pada mulut bayi. Selain itu minyak kelapa juga sangat aman dan tidak memiliki efek samping. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada puting payudara jika bayi masih menyusui. Minyak ini juga akan membantu menghilangkan kotoran lemak dalam mulut bayi.

Jaga Kesehatan dan Kebersihan Puting Payudara (khusus ibu menyusui)

Bagi ibu yang masih memberikan ASI eksklusif atau ibu yang masih menyusui, maka sebaiknya menjaga kebersihan puting payudara. Caranya bisa dilakukan dengan menghindari penggunaan bra yang terlalu ketat, hindari pakaian ketat dan tidak bisa menyerap keringat dengan baik. Selain itu selalu mencuci kebersihan puting payudara dan membiarkan terkena udara luar. Itulah cara mengatasi sariawan pada bayi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here