Jenis-jenis Sakit Mata.
Jenis-jenis Sakit Mata.

Droidif.com, Mata adalah panca indra yang sering kita gunakan, fungsi mata sudah jelas yaitu untuk melihat sehingga kita dapat beraktifitas dengan normal. Namun tidak sedikit orang yang tidak menjaga kesehatan matanya, sehingga seringkali penyakit mata menghampiri orang-orang tersebut. Jenis-jenis sakit mata beragam, ada yang bahaya ada juga yang tidak bahaya, namun mau bagaimanapun kita tidak boleh menyepelekan sakit mata.

Jenis-jenis Sakit Mata.
Jenis-jenis Sakit Mata.

Penyebab sakit mata beragam mulai dari tidak mengonsumsi makanan yang sehat untuk mata, terlalu lama berada di depan layar komputer dan tv dan faktor keturunan. Ada juga penyakit mata yang hinggap pada usia kita sudah senja, atau usia sudah tua, namun tidak sedikit penyakit mata yang menghampiri kita bahkan di usaia muda sekalipun.

Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit mata yang harus kamu tahu.

Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah sebuah penyakit mata yang menyerang pada bagian makula sehingga menyebabkan mata tidak bisa melihat dengan jelas atau penglihatan kabur. Makula merupakan sebuah organ kecil pada mata yang terletak dibagian belakang mata dan berfungsi untuk mengirimkan sinyal gambar dari mata ke bagian otak. Penyakit ini paling sering terjadi pada orang tua

Katarak

Katarak merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan lensa mata menjadi keruh dan menyebabkan penglihatan berkurang atau kebutaan. Penyakit ini bisa mengganggu berbagai aktifitas karena mata tidak bisa melihat dengan baik dan lebih parah pada malam hari. Katarak sering berkembang sesuai dengan waktu dan bisa terjadi sejak kecil.

Neuritis Optik

Neuritis optik adalah penyakit karena adanya peradangan pada bagian saraf optik yang berupa kumpulan syaraf yang berfungsi untuk menghubungkan informasi dari mata ke otak. Penyakit ini pada awalnya sering ditandai dengan rasa sakit pada bagian mata dan penglihatan mengalami gangguan sementara. Penyakit ini juga berhubungan dengan penyakit lain yaitu multiple sclerosis.

Jenis-jenis Sakit Mata.
Jenis-jenis Sakit Mata.

 Glukoma

Jenis-jenis sakit mata selanjutnya adalah glukoma, glukoma adalah kondisi penyakit mata yang menyebabkan mata tidak bisa melihat dalam jangka waktu tertentu. Penyakit ini bisa disebabkan karena kondisi penyakit mata tertentu yang menyerang pada bagian saraf optik mata. tekanan yang terlalu tinggi dalam bagian mata bisa menyebabkan penyakit ini muncul. Ada dua jenis glukoma yaitu glukoma sudut terbuka dan glukoma sudut tertutup.

Ablasi Retina

Ablasi retina adalah sebuah kondisi yang menyebabkan lapisan penting dari jaringan pada retina mengalami penurunan sehingga posisinya lebih kebawah atau menarik ke dalam yang menyebabkan gangguan untuk pembuluh darah di daerah ini. Kondisi ini akan menyebabkan retina mengalami kekurangan oksigen sehingga bisa menyebabkan kebutaan.

Penyakit Graves

Penyakit graves adalah sebuah kondisi yang menyebabkan adanya gangguan sistem kekebalan tubuh karena tubuh menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid. Hormon tiroid adalah hormon yang bisa mempengaruhi semua sistem dalam kesehatan tubuh dengan berbagai cara yang berbeda. Penyakit ini bisa terjadi pada perempuan dan biasanya menyerang saat belum berumur kurang dari 40 tahun.

Mata Juling (Strabismus)

Strabismus adalah sebuah kondisi yang menggambarkan bahwa mata tidak bisa melihat dengan baik. Bola mata bisa melihat ke arah kanan atau kiri sehingga menyebabkan pandangan mata yang sebenarnya lurus tapi tidak bisa terjadi dengan baik. Penyakit ini bisa terjadi pada semua orang dan termasuk untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Mata Bintitan

Mata bintitan adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang bagian mata yang sangat mengganggu, namun biasanya tidak berlangsung lama. Mata bintitan biasanya ditandai dengan munculnya bintitan seperti bisul, namun terjadi biasanya di sekitar kelopak mata.

Itulah jenis-jenis sakit mata, ada yang disebabkan oleh kurang terawatnya mata ada juga disebabkan oleh hal lain seperti faktor keturunan dan faktor usia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here