Wisata Di Raja Ampat.
Wisata Di Raja Ampat.

Droidif.com, Raja Ampat, tempat wisata yang satu ini sangat terkenal dengan keindahannya baik di Indonesia maupun di dunia. Banyak wisatawan lokal bahkan mancanegara yang senang berkunjung kemari dan wisata di Raja Ampat. Selain panoramanya yang menarik, apa saja, sih, keunggulan obyek wisata yang berada di bagian barat kepala burung Pulau Papua ini?

Wisata Di Raja Ampat.
Wisata Di Raja Ampat.

Raja Ampat adalah satu rangkaian gugusan pulau yang saling berdekatan, tepatnya ada 4 gugusan pulau. Gugusan pulau ini termasuk dalam Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Kepulauan Raja Ampat ini memiliki potensi wisata yang besar terutama untuk penyelaman. Raja Ampat diakui sebagai salah satu lokasi menyelam dari 10 lokasi penyelaman terbaik di dunia. Flora dan faunannya tergolong sangat lengkap. Dengan kawasan karang yang terbaik di nusantara.

Raja ampat yang merupakan pantai dengan laut lepas beserta pulau-pulau kecil yang berada di sekitar pantai ini, memang memiliki tempat yang cocok untuk wisatawan melakukan diving atau snorkeling dengan melihat beragam terumbu karang yang masih terjaga keindahannya. Untuk ini, wisatawan perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, seperti peralatan snorkeling.

Perairan ini menyimpan setidaknya 1000 jenis ikan karang keras, 540 jenis karang keras, dan 700 jenis moluska. Jadi 75% spesies karang yang ada di dunia berada di perairan Raja Ampat, dan tak ada wilayah perairan dengan luas serupa memiliki karang dalam jumlah sebanyak yang ada di Raja Ampat. Beberapa spesies yang bisa kita jumpai di sini, adalah ikan pari manta, kuda laut katai, dan wobegong.

Berikut ini adalah keunggulan wisata dari Raja Ampat:

Memiliki Jumlah Gugusan Karang Yang Lengkap

Raja Ampat, selain indah pemandangannya, juga mempunyai jumlah gugusan karang terbesar di dunia, yaitu mencapai 75% dari spesies karang yang ada di dunia berada di Raja Ampat. Menurut penelitian yang dilakukan, ada setidaknya 1000 jenis ikan karang, 540 jenis karang keras (75% dari keseluruhan jenis yang ada di dunia), 700 jenis moluska, dan terumbu karang hidup mencapai 90%.

Wisata Di Raja Ampat.
Wisata Di Raja Ampat.

Flora & Fauna Endemik

Contohnya beraneka ragam biota laut yang dapat kita temui di kawasan ini. Seperti, wobbegog, ikan pari manta, kuda laut katai, ikan eviota raja (sejenis ikan gobbie yang termasuk ke dalam ikan endemik Raja Ampat), hiu karang, ikan tuna, barakuda, cendrawasih wilson, cendrawasih merah, aneka burung nuri dan kakatua, maleo waigeo, kuskus waigeo, aneka ragam anggrek, dan lain-lain. Selain itu Raja Ampat memiliki hutan mangrove, padang lamun, pantai tebing dan berbatu.

Memiliki Penginggalan Sejarah

Di Raja Ampat selain bisa melakukan kegiatan menyelam, kita juga dapat melihat peninggalan masa lampau. Seperti di Pegunungan Misool, terdapat peninggalan prasejarah berupa cap tangan yang ada di dinding batu karang. Cap-cap tangan yang ada di Misool bukan terletak di dalam gua, akan tetapi dekat dengan air laut.

Masyarakat Yang Ramah

Masyarakat di Raja Ampat terkenal dengan keramahannya, terlebih ketika kedatangan tamu dari luar daerah. Masyarakat Raja Ampat sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan mereka hidup di perkampungan yang kecil dan lokasinya berjauhan sampai ada yang beda pulau.

Salah Satu Spot Diving Terbaik

Raja Ampat yang sangat terkenal dengan divingnya merupakan salah satu spot diving yang paling baik di dunia. Beberapa lokasi penyelaman tersebut ada di 4 pulau yaitu, Waigeo, Salawati, Bantanta, Misool. Saat melakukan penyelaman di Manta Point (Arborek, Selat Dampier) kita akan mendapat pengalaman menarik yaitu menyelam dengan ditemani ikan pari manta.

Menyelam di Cape Kri atau Chicken Reef, kita akan menyelam dengan ribuan ikan (diantaranya, ikan tuna, snappers, giant trevallies) dan pengalaman paling menegangkan di antara itu semua adalah ketika menyelam dengan ribuan ikan barakuda! Memang, sih, ikan ini tak berbahaya. Akan tetapi ada yang berbahaya juga yaitu barakuda soliter/sendiri. Beberapa jenis ikan yang juga kerap kita lihat antara lain, hiu karang dan penyu.

Memiliki Beberapa Atraksi Menarik

Beberapa atraksi menarik yang dapat dilihat ketika wisata di Raja Ampat adalah atraksi suling tambur (Waigeo) dan festival maritime/bahari Raja Ampat yang berpusat di Waisai, Pulau Waigeo, dan ibukota Kabupaten Raja Ampat.

Kuliner  Unik

Makanan yang dapat kita cicipi ketika berkunjung dan wisata di Raja Ampat, antara lain adalah papeda dan barapen ayam ala Walesi. Siapa yang tak kenal dengan papeda. Kudapan yang terbuat dari tepung sagu ini sangat popular di kalangan masyarakat dan wisatawan. Pembuatan papeda ini tergolong gampang. Cukup dengan menuang air panas ke dalam tepung sagu dan terus diaduk sampai bentuknya menyerupai lem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here