Berburu Sunrise Di Bromo.
Berburu Sunrise Di Bromo.

Droidif.com, Salah satu daya tarik di gunung Bromo adalah pemandangan matahari terbit atau sunrise, pemandangan sunrise di kawasan Bromo tersebut sungguh indah sehingga banyak orang yang rela bangun dini hari dan malawan udara dingin. Untuk itu kita akan memberikan tips berburu sunrise di Bromo, karena berburu sunrise di Bromo tidak boleh terlewatkan ketika kamu sedang berada di kawasan Bromo.

Berburu Sunrise Di Bromo.
Berburu Sunrise Di Bromo.

Gunung Bromo adalah salah satu objek wisata alam yang cukup populer, siapapun yang datang ke kawasan tersebut akan takjub akan keindahan panorama di kawasan tersebut.  Untuk menikmati salah satu keindahan tersebut tidak mudah dan membutuhkan perjuangan, mulai dari bangun pagi hingga melawan udara dingin pegungunan disana.

Namun tenang saja dengan tips dibawah ini dijamin kamu akan dapat menikmati indahnya sunrise di Bromo dengan mudah, namun tetap saja kamu harus berusaha dengan maksimal. Berikut ini adalah tips berburu sunrise di Bromo.

Menentukan Jadwal Keberangkatan

Waktu terbauk untuk menikati keindahan matahari terbit di Bromo adalah pada saat musim kemarau, biasanya sekitar bulan Juli hingga September. Di waktu tersebut matahari terbit akan lebih jelas terlihat tanpa terlahalang oleh kabut di sekitar pegungungan Bromo tersebut, karena biasanya hujan seringturun dan menyebabkan munculnya kabut. Sehingga pemandangan gunung Bromo dan sunrise tersebut akan terhalang kabut, jadi akan sedikit menghalangi pemandangan matahari terbit.

Sebaiknya jauh-jauh hari kita sudah memesan homestay dan jeep terlebih dahulu, agar perjalanan menuju titik atau spot untuk melihat sunrise dapat dengan mudah. Karena kita tidak dapat menggunakan mobil sendiri, atau melakukan perjalanan seperti biasanya.

Spot Terbaik Melihat Sunrise

Agar kamu dapat melihat matahari terbit dengan baik dan sempurna, kamu dapat mencari spot yang tepat untuk melihat hal tersebut. Biasanya spot terbaik untuk melihat sunrise adalah di Penanjakan 1, tempat tersebut masuk pada wilayah kabupaten Pasuruan dan berada di ketinggian 2.770 mdpl. Di spot ini kamu dapat melihat dengan jelas gunung Bromo, jika tidak berkabut kamu juga dapat melihat gunung Semeru dari kejauhan.

Berburu Sunrise Di Bromo.
Berburu Sunrise Di Bromo.

Selain Penanjakan 1 ada juga spot lain yang dapat kamu pilih, spot tersebut berada di Bukit Cinta dan Bukit Kingkong. Setelah menikmati sunrise disana, kamu juga dapat melihat pemandangan sekitar gunung Bromo seperti gunung Semeru dan pegunungan lainya jika langit cerah tanpa kabut.

Harus Siap Bangun Lebih Pagi

Disana kamu tidak sendiri karena banyak orang yang ingin melihat sunrise, jadi sebaiknya kamu harus siap bangun lebih pagi. Untuk mendapatkan spot yang pas untuk melihat sunrise di Bromo, setidaknya kamu harus sampai pukul 03:30 di Penanjakan 1.

Selain itu kamu dapat menyesuaikan jadwal dengan lokasi penginapan, sehingga kamu dapat tepat waktu datang ke spot untuk melihat sunrise. Misalnya kamu menginap di kawasan Tosari dengan jarak tempuh sekitar 1 jam 45 menit, sebaiknya kamu mulai bersiap dan bangun pada pukul 02:30.

Kenakan Pakaian Yang Tepat

Suhu di kawasan Bromo apalagi pada waktu dinihari dinginya bukan main, sehingga sebaiknya kamu menggunakan pakaian yang tepat dan dapat menghangatkan badan kamu. Cobalah untuk menggunakan jaket yang tebal, sepatu, kaus kaki, sarung tangan dan penutup kepala yang dapat mengahangatkan tubuh kamu.

Jika perlu kamu dapat berbekal minuman panas seperti teh atau kopi kedalam termos kecil, jadi sambil menikmati dan berburu sunrise di Bromo kamu dapat sambil meminum minuman hangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here