Cara mencari sinyal ponsel
6 cara mencari sinyal ponsel

droidif.com, Kadang, sinyal ponsel tiba-tiba hilang padahal saat itu dalam kondisi yang butuh banget jaringan internet. Tentu saja kondisi ini bikin kamu semua jengkel.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan jaringan hp mendadak hilang atau melemah. Seperti misalnya saat berada di area luar jangkauan, ada perubahan cuaca, hingga perbaikan jaringan atau ada kerusakan pada hardware ponsel kamu.

Tapi tenang saja, sebab ada cara yang diyakini dapat menguatkan sinyal ponsel kamu.

1. Refresh koneksi dengan mengaktifkan airplane mode

Smartphone punya fitur berupa airplane mode yang gunanya untuk menghilangkan sinyal saat naik pesawat. Ternyata ini juga bisa dijadikan solusi untuk menguatkan sinyal HP.

Cara ini bisa dicoba dan langkahnya cukup sederhana. Aktifkan mode pesawat di HP kamu selama lebih kurang 3 menit. Ini fungsinya untuk refresh dan memperbaiki sinyal ponsel yang lemah milik kamu. Setelahnya aktifkan kembali, penerima sinyal di ponsel kamu akan mencari koneksi kembali dengan kondisi yang lebih baik.

2. Carilah tempat terbuka atau lokasi strategis

Sinyal ponsel yng lemah kemungkinan karena berada di ruangan di mana tidak mampu menangkan sinyal dari provider yang kamu gunakan. Maka tak jarang banyak yang pindah ke lokasi yang strategis. Jika sedang berada di dalam rumah, kamu bisa berpindah ke ruangan terbuka atau mendekati posisi pintu dan jendela agar sinyal lebih kuat.

Jika sudah pindah ke ruang terbuka tapi sinyal masih lemah, kamu bisa pindah ke lokasi yang lebih stategis lagi, seperti jalan raya atau tempat yang lebih mudah dijangkau sinyal.

3. Kunci satu sinyal saja

Di setiap smartphone ada Preferred Network Type yang bisa diatur. Pengaturan ini tujuannya untuk memilih prioritas dan mengunci koneksi yang akan digunakan oleh ponsel kamu. Opsi sinyal yang dipilih yaitu 2G Only, 3G Only, dan 4G Only.

Memilih tipe koneksi ini punya fungsi yang sama sebagai pengunci sinyal. Pilih salah satu agar koneksi bisa lebih stabil. Pilihlah jaringan 4G untuk kecepatan internet yang lebih bagus. Jika kamu tidak mendapat kecepatan yang diinginkan dengan koneksi 4G ini, turunkan menjadi 2G atau 3G. Keuntungannya adalah agar baterai ponsel kamu lebih awet.

4. Jauhkan dari alat elektronik lain

Salah satu penyebab lain sinyal HP lemah adalah jarak ponsel kamu berdekatan dengan alat elektronik lain. Ada baiknya menjauhkan gawai kamu untuk menghindari bentrokan radiasi serta berebut sinyal.

Jika masih belum memberikan efek, cobalah restart ponsel kamu terlebih dahulu. Trik ini biasanya cukup efektif untuk mengatasi kendala ini.

5. Atur jaringan agar berjalan maksimal

langkah perkuat sinyal ponsel
langkah-langkah untuk perkuat sinyal ponsel

Lemahnya sinyal ponsel disebabkan oleh beberapa hal seperti pengaturan jaringan yang tidak tepat di ponsel yang kamu gunakan, APN belum tercantum atau tipe jaringan tidak pas dengan lokasi sekarang. Cek kembali pengaturan gadget kamu. Caranya mudah, buka setting> SIM Cards & Mobile Networks> Pilih Provider yang kamu gunakan untuk mendapatkan koneksi dan sinyal.

Bisa juga menanyakan kendala ini pada kostumer service provider yang digunakan. Tanyakan informasi mengenai nama dan pasword APN nya. Jika sudah dapat, kamu bisa mempraktekkan dengan langkah tersebut.

6. Membuat penguat sinyal

Cara kreatif yang bisa dicoba adalah dengan membuat alat penguats sinyal HP 4G sendiri. Kamu butuh peralatan seperti kaleng soda, lilitan kawat tembaga, klip kertas, kawat, hanget dari tembaga, wajan, tutup panci, serta antena radio lama.

Cara membuat alat penguat sinyal ponsel ini juga tidak terlalu sulit. Pertama, solder ujung kawat tembaga dengan socket antena ponsel. Luruskan klip kertas dengan tang, lalu bengkokkan sedikit pada bagian ujungnya dan tempek ke soket antena HP. Agar merekat, selotip klip kertas tersebut pada handphone. Lakukan cara yang sama untuk menghubungkan antena radio ke soket antena ponsel. Alat ini bisa kamu gunakan saat kamu berada di daerah terpencil agar jaringan internet kamu bisa tetap stabil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here