KaiOS, Sistem Operasi Saingan Android dan iOS
KaiOS, Sistem Operasi Saingan Android dan iOS

Droidif.com – KaiOS merupakan salah satu sistem operasi seluler berbasis linux, dan digadang menjadi pesaing Android dan iOS.

Awal mulanya sistem operasi ini merupakan proyek Mozilla yaitu Firefox OS, yang tidak dilanjutkan pengembangannya dan dibangun kembali perusahaan KaiOS.

KaiOS bukanlah sistem operasi sederhana dan biasa, banyak aplikasi yang ada pada sistem ini, seperti Facebook, Twitter, Google (dalam bentuk voice assistant), Google Maps, dan Google Search.

Nokia menjadi salah satu dari pengguna sistem ini, dan masih ada beberapa nama seperti Bullitt, Doro, dan Micromax.

Produsen chipset seperti Qualcomm dan Speadtrum pun terlibat dalam komputasi internalnya. Pihaknya mengklaim bahwa sistem operasinya dipakai di lebih dari 30 juta perangkat di dunia.

Selain Nokia 8110 yang memakai sistem ini, Google baru saja mengenalkan ponsel buatan anak negeri saat gelaran Google For Indonesia. Diberi nama Wizphone, ponsel mungil ini hanya dijual seharga Rp99 ribu.

Meski harga yang ditawarkan sangat murah, ponsel hasil kerja sama WizPhone dan Alfamart ini mampu menghadirkan Google Assistant. Selain sistem operasi KaiOS, ponsel ini bertenaga prosesor Qualcomm 8905 dengan RAM 512 megabit.

Untuk penyimpanan internal ponsel ini tersedia kuota sebesar 4GB dan baterai sebesar 1.800 mAh untuk waktu berjaga 350 jam.

Selain Google mengembangkan sistem operasi Android, rupanya baru-baru ini raksasa Google telah menggelontorkan uangnya senilai S$ 22 juta. Tetapi tidak diketahui mengapa Google tertarik untuk meninvestasikan dananya di KaiOS.

Seperti yang kita ketahui Android menjadi salah satu sistem operasi yang berhasil menguasai pasaran di teknologi mobile, dengan KaiOS mungkin Google juga berambisi untuk menguasai sistem operasi perangkat feature phone.

Sementara itu Wizphone merupakan handphone garapan PT Wiz Nirwana Indonesia (WIN). Sama seperti handphone fitur lain, desain Wizphone sangat sederhana dengan keyboard fisik T9,

Untuk penikmat gadget dengan harga yang terjangkau, Wizphone sementara bisa melakukan pre order Wizphone melalui website wizphone.id mulai tanggal 27 Desember 2018, Mengenai harganya juga diumumkan pada waktu pre order.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here