PSBB Jakarta
Anies Baswedan Perpanjang PSBB Jakarta Transisi Selama Dua Pekan

Droidif.com, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memperpanjang PSBB Transisi selama 2 pekan kedepan. PSBB Jakarta diperpanjang oleh Gubernur Anies Baswedan karena melihat perkembangan kasus Covid-19 semakin terkendali dengan menandakan kurva grafik yang melandai. Penularan kasus Covid-19 tercatat sebesar 12.481 kasus pada periode 10-24 Oktober, kemudian menjadi 8.026 kasus pada 24 Oktober-7 November atau turun sebanyak 55 persen.

“Artinya, penularan masih ada di Jakarta, namun melambat setiap dua pekan terakhir selama PSBB transisi ini,” kata Anies, Minggu (7/11/2020).

Meski PSBB diperpanjang namun belum ada aturan yang dirubah oleh Pemprov DKI Jakarta. Seperti kegiatan belajar mengajar yang masih belum diperbolehkan tatap muka. Kemudian kegiatan perkantoran atau work from office diperbolehkan dengan batasan.

Aturan lalu lintas ganjil-genap pun belum diberlakukan hingga dua pekan mendatang yaitu 22 November 2020. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, peniadaan aturan ganjil-genap terkait masa perpanjangan pembatasan sosial berskala besar di Jakarta.

“Dengan diperpanjangnya masa PSBB transisi Provinsi DKI Jakarta maka pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem ganjil-genap tetap tidak diberlakukan,” kata Kombes Sambodo yang dikutip oleh Antara.

Gubernur DKI Jakarta telah mengizinkan bioskop untuk dibuka. Kini bioskop diperbolehkan megisi 50 persen penonton dari aturan sebelumnya yang hanya diperbolehkan 25 persen saja. Walau telah dilonggarkan, tidak semua bioskop boleh dibuka dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Di masa PSBB transisi ini, Pemprov DKI juga telah mengizinkan acara resepsi pernikahan di gedung. Sebelumnya, hanya diizinkan upacara pernikahan (akad nikah) secara indoor dengan kapasitas tamu maksimal 25 persen dari kapasitas normal. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, resepsi pernikahan kemungkinan diizinkan digelar di gedung pertemuan di Jakarta.

“Pekan depan, kemungkinan akan dibuka, selain akad nikah di gedung, juga dimungkinkan untuk resepsi pernikahan dengan syarat-syarat yang ditentukan,” kata Riza, seperti dikutip Antara. 

Meski beberapa aktivitas telah kembali diberlakukan di masa PSBB Jakarta transisi ini, Anies Baswedan dan Pemprov DKI Jakarta tetap mengimbau segala kegiatan mengikuti protokol kesehatan dengan membatasi kapasitas dan lainnya. Masyarakatpun tetap diminta selalu memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus Corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here