Seri terbaru Apple Iphone
Seri terbaru Apple Iphone (istimewa)

Droidif.com – Menurunnya jumlah penjualan produk unggulan Apple, Iphone telah mempengaruhi penghasilan perusahaan tersebut. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Bos Apple Tim Cook mengisyaratkan pihaknya akan menurunkan harga Iphone di beberapa negara.

Belum lama ini, Apple menyatakan bahwa pendapatan mereka dari produk unggulannya tersebut menurun. Pada Kuartal 1 tahun 2019 berada di angka USD 51,9 miliar. Angka pendapatan tersebut turun sebesar 15% di periode yang sama pada tahun lalu.

Selama ini Apple mematok harga produk-produknya menggunakan mata uang dolar Amerika Serikat. Hal tersebut membuat harga produk-produknya tersebut menjadi lebih mahal di beberapa negara akibat kenaikan dolar.

“Di pasar dengan mata uang yang melemah terhadap dolar (AS) selama setahun terakhir. Peningkatan harga Iphone tampak sangat jelas lebih terasa,” ucap Tim.

Dengan kondisi tersebut, Tim Cook mengatakan bahwa perusahannya sedang memikirkan bagaimana memasang harga yang baik untuk produknya.

“Dan dengan kami mulai melangkah di Januari dan menilai kondisi makroekonomi di pasar-pasar tersebut, kami memutuskan untuk kembali lebih menyetarakan (harganya) dengan harga di pasar lokal kami (AS) dengan harapan untuk mendorong penjualan di area tersebut,” lanjutnya.

Pihak Apple juga mengklaim menurunnya penjualan produk-produknya dipengaruhi oleh perlambatan ekonomi China. Tom Cook mengatakan, saat ini perusahaanya mengandalkan kekuatan pertumbuhan Apple akan didorong oleh bisnis jasa, yakni Apple Pay dan App Store.

Hal tersebut disebabkan pendapatan Apple yang berasal dari sektor jasa meningkat 15% di kuartal IV 2018, sebesar 10,9 miliar Dollas AS.

“Meskipun menyedihkan tak mencapai target yang sudah kami tentukan, kami mengelola Apple sudah dalam waktu yang cukup lama, dan hasil kuartal ini menunjukkan kekuatan mendasar bisnis kami berjalan cukup dalam dan luas,” ucap Tim Cook.

Kebijakan Apple tersebut mungkin jadi kabar baik bagi Indonesia. Karena dalam satu tahun kebelakang, mata uang Rupiah melemah dari dollar AS. Pada Januari 2018, 1 USD setara dengan Rp 13.421. Namun pada 30 Januari 2019, 1 USD setara dengan Rp 14.100.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here