Manfaat Minyak Tanah
Benarkah Manfaat Minyak Tanah untuk Mengobati Asam Urat?

droidif.com, Benarkah manfaat minyak tanah dengan merendam kaki dapat menyembuhkan asam urat? Nyatanya belum ada penelitian yang membenarkan hal tersebut. Mulai dari Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Kotawaringin sampai Guru Besar FK UI menentang campuran minyak tanah, garam dan es batu mampu mengoati asam urat dan darah tinggi.

Belum ada penelitian ilmiah yang mendukung kebenarannya. Pengobatan tradisional atau alternative memang sering kali menabrak hal-hal ilmiah. Oleh karena itu, bagi pengidap sakit asam urat lebih baik untuk tidak langsung percaya atau bahkan mencoba hal tersebut. Di khawatirkan terjadi iritasi atau bahkan efek samping lainnya yang dapat membahayakan.

Minyak tanah merupakan cairan hidrokarbon tidak berwarna yang memiliki sifat mudah terbakar. Minyak tanah biasanya digunakan sebagai bahan bakar industri atau rumah tangga. Seperti misalnya menjadi bahan bakar mesin dalam keperluan industri. Selain itu juga menjadi bahan bakar memasak kebutuhan rumah tangga, bahan bakar penerangan dan lainnya.

Berikut manfaat minyak tanah :

1. sebagai bahan bakar
2. sumber gas cair
3. industri kimia
4. produksi bahan serat
5. produk keperluan dapur
6. bahan produksi mobil
7. pembangkit listrik
8. sumber pengolahan pupuk
9. komponen bahan obat obatan
10. pembangkit listrik tenaga surya

Uniknya di Indonesia, minyak tanah juga digunakan sebagai komponen mengusir serangga seperti semut ataupun kecoa. Berbagai produk atau merek pembasmi serangga juga menggunakan minyak tanah. Aroma menyengat pada minyak tanah dan zat yang terkandung di dalamnya memang sangat tidak disukai beberapa jenis serangga.

Zaman dahulu, masyarakat Indonesia juga sangat menggantungkan hidup dengan minyak tanah sebagai bahan bakar untuk memasak di kompor. Selain itu minyak tanah juga pernah berperan penting menjadi bahan bakar untuk penerangan lampu pertromax dan sejenisnya lho.

Nah bisa diartikan bahwa salah satu jenis minyak ini tidak aman untuk digunakan atau kontak langsung dengan tubuh. Jadi jangan mudah mempercayai manfaat minyak tanah untuk kesehatan. Hal itu karena tidak ada penelitian yang mendukungnya. Bijaklah dalam memilih pengobatan agar tidak menimbulkan efek lebih berbahaya lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here