WhatsApp Error
Cara atasi WhatsApp Error

Droidif.com, Ketika aplikasi pesan singkat paling populer seperti terjadinya WhatsApp error tentu akan membuat banyak pengguna kesal. Sesimpel pesan yang pending atau belakangan sering mengalami masalah server down, akan membuat para pengguna sontak langsung heboh.

Tapi kamu gak perlu khawatir, sebab permasalahan-permasalahan yang terjadi tersebut kamu bisa mencoba kumpulan cara mengatasi permasalahan pesan WhatsApp yang pending atau error tersebut. Simak yuk!

Cara Mengatasi WhatsApp Error atau Pending

Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat aplikasi WhatsApp ini bisa mengalami error atau pending. Bisa saja server yang memang down secara global, pembatasan akses, hingga jaringan yang tidak stabil.

Oleh karena itu, akan diulas satu per satu metode yang bisa kamu coba terapkan agar permasalahan tersebut bisa segera diatasi.

Periksa dan Pastikan Jaringan Internet Stabil

Jika pesan yang kamu ktik tak kunjung terkirim, ada baiknya periksa jaringan internet kamu. Pastikan jaringan tersebut pada jaringan internet terbaik agar pesan WhatsApp kamu bisa langsung diterima atau tidak pending.

Pastikan jaringan internet tetap stabil di smartphone kamu dengan mengunci jaringan terbaik agar koneksi internetnya bisa tinggi dan cepat. Caranya, pilih menu settings > Connections > Mobile Networks > Networks Mode > LTE only.

Mudah, kan?

Aktifkan Mode Pesawat

Jika kamu sudah melakukan langkah pertama dan maish belum berhasil, kamu bisa mencoba langkah kedua ini. Aktifkan dan matikan kembali mode pesawat (airplane Mode) di smartphone kamu. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk restart semua jaringan yang sedang terhubung di smartphone kamu.

Lakukan beberapa kali hingga kamu mendapatkan jaringan internet yang tinggi dan cepat agar pesan WhatsApp kamu bisa segera diiterima. Biasanya dengan melakukan langkah ini, jaringan internet kamu akan kembali stabil dan bisa segera mengaksesnya setelah beberapa saat.

Cek penghemat Daya Android

Perangkat smartphone yang kamu gunakan memang sudah dibekali dengan fitur-fitur untuk memudahkan pengguna dalam menggunakannya. Salah satu fitur yang dimaksud adalah fitur penghemat daya yang aktif secara otomatis pada smartphone yang akan kehabisan baterai.

Tujuan fitur ini untuk menghemat daya, tetapi membuat beberapa notifikasi pesan di WhatsApp tidak masuk. Tidak hanya notifikasi WhatsApp, tetapi juga notifikasi yang lainnya.

Jika kamu ingin menonaktifkannya, lihat di notification bar android kamu, tap ikon baterai. Atau bisa juga dengan masuk ke menu Setting > Battery Saver kemudian nonaktifkan toggle yang sedang aktif.

Gunakan aplikasi VPN

Permasalahan lain dari WhatsApp error adalah adanya pembatasan yang membuat akses pada aplikasi ini jadi terganggu. Tidak hanya pesan teks pending, tetapi juga gambar tidak terkirim.

Ada sejumlah aplikasi VPN yang bisa kamu install di smartphone Android kamu seperti Turbo VPN, Samsung Mx bagi pengguna Samsung, atau Tunnel Bear.

Jika kamu bingung bagaimana cara memasangnya, kamu bisa download salah satu aplikasi VPN, lalu install. Kemudian hubungkan dengan jaringan dari negara lain. Bagi penggunaka iPhone, laptop, dan PC, kamu juga bisa menggunakan VPN kok.

Uninstall aplikasi pembersih RAM

Banyak pengguna yang menginstall aplikasi pembersih RAM untuk menjaga kecepatan Android mereka. Namun, bisa saja ini menjadi masalah dan penyebab pesan WhatsApp kamu sering error ataupun pending.

Untuk diketahui, pembersih RAM itu akan membersihkan aplikasi Android yang sedang berjalan di background. WhatsApp merupakan salah stau aplikasi yang tetap berjalan meskipun sedang tidak dibuka. Bisa saja pembersih RAM menutupnya dengan sengaja.

Tentu saja salah satu solusinya adalah dengan uninstall aplikasi pembersih RAM yang ada di Android kamu jika menurut kamu itu mengganggu.

Bersihkan Cache Aplikasi

Whatsapp error
Atasi Whatsapp error

Sebagai aplikasi yang sering digunakan, pastinya banyak cache yang menumpuk dan akan semakin membengkak di memori smartphone kamu.

Cache merupakan data yang disimpan sementara agar proses aplikasi jadi lebih cepat. Tapi jika cache membengkak, tentu bisa membuat WhatsApp kamu bermasalah sehingga berakibat pada pesan yang tidak masuk.

Makanya kamu perlu untuk sering membersihkan cache dari aplikasi WhatsApp kamu. Jika kamu belum tahu caranya, buka menu Setting > App & Notifications > WhatsApp > Storage > Clear Cache.

Hapus dan Install kembali WhatsApp

Ini merupakan cara terakhir yang bisa kamu coba. Bisa saja aplikasi WHatsApp kamu bermasalah karena aplikasi yang digunakan bukan versi terbaru.

Jika WhatsApp error, kamu bisa uninstall kemudian install ulang kembali WhatsApp kamu dengan mengunduh di Google Play Store. Ini akan membantu aplikasi WhatsApp kamu jadi seperti baru lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here