Cara menaikkan daya listrik sendiri
Cara menaikkan daya listrik sendiri di rumah

Droidif.com, Jika kamu pernah mengalami listrik mati tiba-tiba karena MCB listrik njeglek, maka perlu untuk memperkuat daya listrik agar tidak terjadi lagi. Tidak ribet, kamu bisa melakukan cara menaikkan daya listrik sendiri di rumah secara gratis.

Beban yang berlebih saat menggunakan peralatan elektronik melebihi kekuatan maksimal MCB akan menyebabkan listrik mati karena MCB mengalami ‘njeglek’. Misalnya, jika MCB yang digunakan adalah 4 Ampere, maka maksimal daya yang bisa normal berjalan adalah 900 Watt.

Saat di rumah kamu menggunakan daya listrik yang bersumber dari PLN, tentu saja akan ada penambahan biaya dan otomatis pengeluaran rupiah tiap bulannya akan bertambah sehingga beban biaya juga akan banyak.

Cara Menaikkan Daya Listrik Sendiri

Jika kamu tidak ingin mengeluarkan biaya untuk menaikkan daya listrik, kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara. Namun, jangan melakukan cara-cara yang ilegal karena itu merupakan tindakan pidana dan akan dijatuhi sanksi.

Solusi pertama adalah dengan menggunakan alat-alat sederhana yang dipasang langsung di perangkat elektronik yang menggunakan daya listrik yang besar. Sehingga penggunaan listriknya bisa lebih hemat. Harganya juga beragam, ada yang murah atau mahal.

Slow Start inverator

Slow startup yang ini cocok digunakan jika kamu mengalami masalah tegangan listrik yang mati/njeglek saat menyalakan alat elektronik dengan daya listrik tinggi.

Biasanya lonjakan tegangan yang tinggi terjadi saat pertama kali menyalakan alat elektronik. Alat slow start inverator ini bisa membantu menstabilkannya. Selain itu, alat ini juga membuat peralatan elektronik tidak cepat rusak karena membuat kondisi listrik tidak naik turun atau lebih stabil.

Alat ini ukurannya kecil dan ringan sehingga mudah dibawa kemanapun sesuai keinginan dengan ukuran 15 x 10 x 8 cm.

Menggunakannya juga mudah, hubungkan jack alat elektronik tersebut ke slow start inverator, lalu hubungkan ke sumber listrik.

Membuat Sendiri

Namun, kita bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang sederhana. Berikut cara menaikkan daya listrik sendiri dengan alat bantu yang dibuat dari kumparan bekas.

Alat-alat yang dibutuhkan adalah:

– 2 buah kumparan bekas
– 1 Buah colokan
– 1 buah steker
– Pisau, gunting, dan selotip
– Kabel secukupnya

Cara membuat alat menaikkan daya listrik secara gratis:

Cara membuat alat sederhana
Cara membuat alat sederhana penghemat listrik

1. Siapkan dua buah kumparan dengan masing-masing kumparan untuk satu kabelnya.
2. Sambungkan ujung kumparan pertama pertama ke steker menggunakan kabel
3. Sambungkan juga ujung kumparan yang kedua lagi ke colokan dengan kabel
4. Lakukan juga di kumparan yang satunya.
5. Setelah perangkat selesai, bisa langsung dicoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here