Cara mengisi freon AC Mobil
Langkah-langkah mengisi freon AC Mobil

Droidif.com, Keberadaan AC pada mobil memang sangat penting demi kenyamanan berkendara. Meskipun kondisi jalanan sedang macet atau upanas matahari menyengat, AC akan membuat semua penumpang menjadi nyaman. Namun, jika AC mobil sudah tidak lagi memberikan rasa dingin, maka freon AC harus diisi. Lalu, bagaimana cara mengisi freon AC mobil sendiri?

Layaknya AC di rumah, pada AC di mobil juga terdapat Freon dan perlu dilakukan pengisian jika sudah tidak terasa dingin lagi.

Freon adalah cairan yang fungsinya memberi hawa sejuk pada AC mobil. Sebenarnya, freon adalah nama merek dari zat pendingin tersebut, kemudian namanya digunakan secara universal untuk merujuk pada zat pendingin pada AC.

Beberapa masalah yang sering terjadi pada AC, seperti filter AC kotor, AC terasa kurang dingin, dan freon AC yang bocor. Terlebih untuk AC mobil, ada beberapa komponen yang saling terkait satu sama lain. Saat salah satu komponen tidak bekerja semestinya, maka AC tidak akan bekerja maksimal.

Takaran freon harus pas agar AC bisa berfungsi dengan maksimal, tidak kurang atau lebih. Masalah yang akan timbul jika kelebihan adalah pipa AC bisa mengalami tekanan tinggi sehingga arus listrik ke magnet clutch terputus. Jika kurang, saklar di komponen AC tidak akan terkoneksi pada relay magnetic clutch. Kompressor AC tidak berputar, suhu AC tinggi namun tidak dingin, dan kipas tambahan tidak berputar meskipun mobil dalam keadaan menyala.

Rekomendasi Freon AC Terbaik

Sebelum mengetahui cara pengisian freon AC, ada baiknya untuk mengetahui beberapa rekomendasi freon AC terbaik.

1. Freon R 134 A Merk Refrigerant

Banyak bengkel-bengkel yang menggunakan Freon tipe R 134 merk refrigerant. Dari segi harga, freon jenis ini juga tidak terlalu mahal.

2. Freon R 134 A Merk Klea

Freon tipe ini memang memiliki harga di atas tipe lainnya. Ada harga ada kualitas. Kamu tidak perlu ragu lagi dengan kualitas yang dimiliki oleh freon tipe ini karena kualitasnya tidak diragukan lagi. Keunggulan yang dimiliki oleh freon tipe ini adalah 100 persen bahannya murni tanpa bahan campuran serta efek dinginnya cukup bagus.

Cara Mengisi Freon AC

1. Periksa Tekanan Freon AC

Saat AC mengalami masalah, ada baiknya untuk mengecek freon AC. Sebelum mengisi freon, periksalah beberapa tekanan freon AC dengan alat manifold gauge untuk melihat apakah tekanan freon terlalu tinggi atau terlalu rendah. Ukuran tekanan freon AC mobil lebih rendah berkisar 15-30 psi dan kisaran lebih tinggi di angka 160-250 psi.

2. Kosongkan freon AC

Cara mengisi freon AC
Cara mengisi freon AC mobil

Jika sudah mengecek, kemudian, kosongkan freon AC dengan menutup bagian katup manifold gauge dengan selang biru ke nipel bertekanan rendah, selang hijau ke pompa vakum, dan selang merah ke nipel tekanan tinggi.

Lalu, hidupkan pompa vakum dan buka salah satu katupnya. Tunggulah hingga angka indikator 600mmHg. Untuk lebih efektifnya, bukalah katup manifold lain. Lihat kembali angka hingga berada di 750 mmHg. Dengan begitu artinya sistem AC sudah bersih dari uap.

3. Hindari kebocoran

Tahapan terakhir adalah dengan membiarkan pompa vakum tetap menyala setidaknya 30 menit. Tutup kedua katup manifold gauge sebelum pompa vakum dimatikan. Terus perhatikan angka meteran hingga 15 menit. Jika angka turun, maka kemungkinan AC mengalami kebocoran. Apabila angkanya stabil, maka AC bisa beroperasi secara optimal seperti biasanya.

Itu cara dan tips singkat tentang cara mengisi freon AC mobil sendiri. Namun, apabila kamu tidak memiliki peralatan yang memadai dan dirasa tidak mampu, tidak ada salahnya membawa ke bengkel dan minta bantuan yang ahli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here