Pilkada 2020
Dilanda Pandemi Covid-19, Tahapan Pilkada 2020 Terus Berjalan

Droidif.com, Di tengah pandemi covid-19, tahapan pemilihan kepala derah atau Pilkada 2020 tetap berjalan.  Meski sempat terhenti saat Covid-19 merebak di Indonesia, kini proses tahapan kembali dilanjutkan. Dimasa transisi pemerintah kembali melanjutkan tahapan dengan agenda pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih. Selain itu pengaturan ulang tahapan Pilkada pada 270 daerah dan waktu pemungutan suara yang diadakan 9 Desember 2020 nanti.

Meski begitu diakui Komisioner KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi bahwa KPU terus memantau data penyebaran Covid-19. Hal itu guna mengantisipasi dan memastikan Pilkada tidak akan menyebarkan virus Corona. Arief Budiman selaku Ketua KPU juga menyetuji dilanjutkannya tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah serentak ini. Tak lain karena dana dan tenaga yang dikeluarkan sebelumnya sudah cukup banyak.

Meski sedang diterpa Virus Corona dengan angka terinfeksi yang cukup tinggi, Indonesia kini tengah berusaha bangkit dari keterpurukan. Memulai masa transisi untuk mengembalikan kondisi sosial-ekonomi stabil. Salah satunya Pilkada, yang hingga kini tahapannya masih terus dilanjutkan.

Berbagai pasangan calon telah mendapatkan dukungan dari berbagai partai pengusung dan telah mendaftarkan diri. Tak tanggung-tanggung, beberapa keluarga dekat orang ternama ikut mencalonkan diri menjadi pemimpin daerah.

Ada nama Siti Nur Azizah dalam Pilkada Tangsel. Azizah yang merupakan putri Wakil Presiden Ma’ruf Amin mencalonkan diri menjadi Walikota Tangerang Selatan. Azizah yang diusung oleh PKS menggandeng Ruhambaen sebagai calon wakilnya.

Dukungan PKS pada keduanya diakui sebagai bentuk koalisi keummatan dan kebangsaan. Menurutnya sinergi yang ada antara keduanya menjadi hal penting bagi bangsa agar optimis menghadapi berbagai tantangan yang semakin berat.

Selain Azizah ada pula Bobby Nasution yang mencalonkan pada Pilkada Medan.  Bobby yang merupakan suami dari Kahiyang Ayu adalah Menantu orang nomor 1 di Indonesia Joko Widodo. Pencalonan Bobby menjadi orang nomor satu di Medan disambut baik parta Golongan Karya (Golkar). Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Golkar Airlangga dengan memberikan SK dukungan kepada Bobby.

Menantu Jokowi ini menggandeng Aulia Rahman menjadi wakilnya dalam Pilkada 2020. Dukungan Golkar kepada Bobby berdasarkan pandangan bahwa Booby kompeten serta didukung keluarga besarnya yang merupakan orang asli Sumatera Utara.

Perjalanan persiapan Pilkada 2020 yang akan dilaksanakan serentak memang sudah terlihat. Berbagai partai telah memberikan dukungannya kepada berabagi paslon. Akan diselenggarakan pada akhir tahun 2020 mendatang, Pilkada serentak diharapkan mampu berjalan kondusif dan tidak menjadi penyebaran baru virus Corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here