Whatsapp menghadirkan fitur keamanan terbaru
Whatsapp menghadirkan fitur keamanan terbaru (istimewa)

droidif.com – Baru-baru ini Whatsapp mengumumkan kehadiran fitur terbaru di aplikasinya. Fitur terbaru ini membuat para pengguna bisa mengunci dan membuka aplikasi tersebut dengan sidik jari dan pemindaian wajah.

Dengan kehadiran fitur keamanan terbaru ini, membuat aplikasi tersebut menjadi lebih aman. Karena sidik jari dan wajah setiap orang berbeda, jadi aplikasi ini tidak bisa diakses oleh orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Namun, tidak sedikit pengguna yang merasa cemas dengan fitur kemanan terbaru ini. Hal tersebut dikarenakan aplikasi Whatsapp dapat mengambil data biometrik dari perangkat penggunanya.

Terlebih lagi pemilik aplikasi ini, Facebook memiliki pengelolaan data pengguna yang kurang baik. Dibuktikan dengan adanya kasus penyalahgunaan data pengguna Facebook oleh pihak ketiga.

Selain sejumlah kasus terkait isu keamanan dan perlindungan data, Facebook juga diketahui pernah membagi informasi penggunanya dengan pengiklan. Hal tersebut dilakukan untuk menentukan target konsumen dengan lebih baik.

Di sisi lain, sejumlah peneliti mengatakan keputusan untuk menggunakan sidik jari pada sebuah aplikasi pasti memiliki risiko kehilangan. Hal tersebut sangat wajib diketahui oleh para pengguna untuk mengamankan data pribadinya.

Untuk diketahui, fitur kemanan terbaru ini hanya bisa diaktifkan untuk ponsel yang memiliki fitur Face ID dan Touch ID yang tersedia pada IOS saja. Fitur ini juga hadir untuk membantu mencegah orang lain yang mengambil ponsel anda dan membaca pesan pribadi.

Untuk bisa mengaktifkan fitur tersebut, anda perlu memperbarui aplikasinya ke versi terbaru yaitu 2.19.20.19 melalui App Store. Selain itu, fitur ini tersedia untuk Iphone 5s atau diatasnya dengan IOS 9. Pihak Whatsapp mengaku masih mengembangkan fitur tersebut untuk hadir di Android.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatifkan fitur tersebut:

  1. Pilih Menu Settings > Account > Privacy
  2. Pada halaman Privacy pilih menu Screen Lock
  3. Pilih opsi untuk mengaktifkan fitur Face ID atau Touch ID
  4. Setelah itu, aktifkan Require Face ID atau Require Touch ID
  5. Atur jangka waktu untuk mengunci WhatsApp secara otomatis
  6. Pilihan durasinya mulai dari Immediately hingga waktu 1 jam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here