penyebab tv tidak ada gambar
penyebab tv tidak ada gambar

Droidif.com, Kerusak pada televisi seperti hilangnya gambar namun suaranya tetap terdengan merupakan hal umum yang  kerap kali terjadi. Penyebab tv tidak ada gambarnya disebabkan oleh adanya bagian tengangan yang berhubungan dengan sistem crt. Beberapa pihak mengatakan masalah ini terjadi karena crt yang rusak. Penyebab TV tidak ada gambar ini sebenarnya sebabkan karena adanya beberapa tegangan abnormal pada sistem video, rgb, heater, abl, dan flyback.

Kerusakan televisi seperti ini cukup membingungkan karena gejalanya adalah lampu indikator pada televisi masih aktif akan tetapi suaranya masih terdengar jelas. Untuk menyelidiki kerusakan komponen, ada baiknya jika komponen mesin televisi dibersihkandari debu dan kotoran lainnya yang menempel di komponen terlebih dahulu . debu yang tertimbun lama bisa mempengaruhi komponen berkarat dan bisa menambahkan konduktor dan resistensi. Namun, pada intinya debu dan kotoran dapat sangat mempengaruhi kinerja casis TV apabila udara sedang lembab. Setelah banyaknya sejumlah kerusakan yang disebabkan hal-hal yang mungkin terlihat ribet, bisa jadi kerusakan yang dialami hanya dipengaruhi oleh debu.

Penyebab tv tidak ada gambar bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Pertama, patikan ketika tv menyala lihatlah pada bagian leher tabung CRT bagian belakang adakah cahaya atau tidak. Pada kondisi normal, ketika tv dinyalakan maka akan terlihat cahaya pada leher tabung seperti bohlam. Namun, jika tidak ada cahaya atau filamentmnya tidak menyala maka ini harus diperiksa. Periksalah pada bagian penyuplay filament yang biasanya disuplay dari flyback. Ukurlah tegangan pada penyuplay filamen dengan menggunakan ac meter, hal ini karena filamen menggunakan tegangan c dari flyback. Tegangan yang dikatakan normal adalah sekitar 3v ac.

Kedua, apabila filamen dalam keadaan menyala berarti masalah berada pada kompnen lainnya. Coba lakukan pengecekan terhadap tegangan abl. Carilah kaki abl pada kaki flyback. Abl ini berhubungan langsung dengan ic croma. Fungsi dari abl ini adalah sebagai pengatur kecerahan dan kontras melalui program tv. Patikan juga bahwa resistor pembatas pada abl tidak gosong atau molor dari nilai aslinya.

Ketiga, penyebab dari kerusakan tv yang gambarnya tidak muncul bisa disebabkan oleh pasokan b 115 drop. Hal ini disebabkan oleh elco b+ sehingga tegangan yang disuplay ke flyback kurang stabil atau drop. Jika mengalami drop pada tegangan b+115 ini bisa mengakibatkan drop pada output fly back dan terutama pada filamen suplayer.

Tengangan pada video 180v bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan pada tv yang menyebabkan tidak munculnya gambar. Tegangan 180v ini memiliki fungsi sebagai suplay penguat video rgb. Apabila terjadi drop maka tv akan menjadi gelap atau gejala warna yang kurang tajam. Agar mempermudah menemukan tegangan ini carilah elko dengan ukuran 250v pada sekitaran flyback atau terkadang terletak di pcb yang menempel pada soket CRT.

Kerusakan yang seperti ini kadang bisa disababkan oleh bagian yang dianggap sepele misalnya soket CTY yang mengalami korosi atau berjamur. Hal ini menyebabkan tegangan pada filamen yang kecil bisa terhambat oleh korosi.

Selain itu, dapatkan flyback yang daritadi dibicarakan bisa menyebabkan kerusakan hilangnya gambar pada tv ? jawabannya adala bisa jadi. Hal ini terjadi jika gejala yang muncul adalah ketika pengukuran terjadi beberapa tegangan dari output flyback tidak seperti seharusnya. Misal, tegangan heater tidak keluar akan tetapi tegangan lainnya sudah normal. Hal lainnya juga, ketika tegangan video tidak keluar padahal hasil lainnya terlihat normal. Ini bisa dikatakan menjadi tanda kerusakan pada flyback.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here