cara servis tv
Ini sejumlah cara servis tv yang bisa dilakukan di rumah.

Droidif.com, Televisi masih menjadi salah satu sarana hiburan masyarakat Indonesia. Sebagian besar rumah di Indonesia tentu memiliki televisi sebagai sarana hiburan gratis. Mereka dapat mendapatkan informasi dari tayangan televisi mulai dari seputar dunia politik hingga dunia hiburan tanah air. Akan tetapi ketika memiliki televisi pasti kerap kali ditemukan berbagai kerusakan mulai dari yang ringan hingga mengakibatkan televisi tidak bisa menyala normal. Biaya untuk service televisi pun tidak lah murah. Anda dapat mencoba cara servis tv sendiri di rumah dengan berbagai kerusakan yang kerap kali melanda televisi di rumah.

Secanggih-canggihnya televisi pasti ada saja risiko kerusakan juga. Maka dari itu penting untuk setiap orang selalu menjaga dan merawat salah satu perangkat elektronik ini dengan sebaik mungkin. Jika mengalami kerusakan tentu akan perlu biaya ekstra dalam proses perbaikannya. Adapun berbagai kerusakan seperti gambar tidak muncul, atau layar tv yang mati namun tetap terdenga suara.

Berikut adalah cara servisF tv dengan berbagai kerusakan yang bisa Anda praktikan di rumah:

Muncul Garis Putih Pada Layar TV

Cara servis tv yang muncul garis putih pada layar.

Munculnya garis putih pada layar menjadi salah satu kerusakan pada televisi. Gejala yang muncul biasanya gambar akan tetap terlihat berwarna dan tidak buram, akan tetapi timbul garis-aris yang membuat gambar pada televisi tidak terlihat begitu jelas dan mengganggu.

Kerusakan jenis ini biasanya disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada bagian power supply, yaitu kondisi ketika tegangan yang masuk terlalu besar dan melebihi kebutuhhan televisi.

Adapun cara untuk memperbaikinya dengan cara :

  • Melakukan pengukuran tegangan pada elco, hal ini harus dilakukan sebab tegangan pada elco yang tidak sesuai maka akan dipastikan komponen tersebut tak bisa bekerja dengan baik dan maksimal.
  • Kemudian patikan tegangan riple tak melebihi 10 vp-p, sebab jika melebihi angka tersebut maka elco tidak dapat bekerja dengan baik. Jika selama ini tegangan pada elco melebihi angka tersebut, maka Anda perlu mengganti elco yang sudah kering dengan yang baru.

Gambar hanya terlihat Setengah Layar

Selain itu adapun kerusakan seperti gambar yang roboh dan telihat hanya setengah layar, selain itu bisa juga dibarengi dengan gambar yang tak berwarna. Kerusakan jenis ini biasanya disebabkan salah setting pada HOR Hold atau adanya kerusakan pada beberapa komponen lainnya yang berkaitan dengan layar televisi.

Berikut adalah cara megatasinya:

  • Jika kondisi layar telebisi tidak menampilkan gambar secara sempurna dan hanya terlihat setengah layar saja, maka pertama coba untuk mengakses control hold dan adjust HOR hold. Periksa juga bagian rangkaian dual diode phase detector HFI, dan pastikan jika komponen tersebut masih layak dan bisa bekerja dengan baik.
  • Akan tetapi jika masalah yang timbul dibarengi dengan warna gambar yang tidak sempurna, maka lakukanlah pengecekan pada komponen ic OSC, sebab bisa jadi bagian ini mengalami kerusakan. Jika ic ISC sudah tidak dalam kondisi layak, maka segera lakukan penggantian dengan yang baru.

Muncul Flek atau Warna Pelangi Pada Layar Televisi

Kerusakan jenis ini kerap kali tejadi pada produk televisi generasi lama maupun generasi baru. Biasanya muncul titik atau flek pada layar telkevisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti posisi televisi yang kerap dipindah-pindah tanpa hati-hati, televisi yang diletakan atau disimpan diatas alas berbahan logam seperti kulkas. Jika telalu lama diletakan di atas alas berbahan logam bisa menyebabkan kerusakan pada solderan positor (PTC) yang disebabkan magnet yang berada di sekitar area televisi yang bisa membuat PTC tidak bekerja dengan baik.

Adapun cara mengatasinya adalah:

  • Pertama lakukan pengaturan otomatis yang terdapat dalam fitur televisi hingga kondisi layar kembali jernis seperti sedia kala.
  • Cara kedua yaitu dengan cara mematikan televisi dengan cara yang berbeda yaitu dengan mencabut AC lord PTC dan biarkan hingga televisi dalam kondisi dingin kembali. Ketika televisi sudah dalam kondisi dingin maka pasang kembali AC lord PTC pada posisi semula. Setelah melakukan langkah-langkah ini, flek biasanya akan hilang dan tidak akan terlihat di layar televisi.
  • Itu beberapa cara untuk memperbaiki televisi sendiri di rumah. Akan tetapi jika tak terlalu ahli dan khawatir kerusakan televisi malah bertambah buruk, alangkah baiknya membawa televisi yang rusak kepada ahli servis televisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here