whatsapp error
Inilah Tips Mengatasi Whatsapp Error dan Gagal Mengirim Pesan

droidif.com, Mungkin fenomena whatsapp error pernah dialami oleh kalian para penggunanya. Ini adalah hal yang lumrah terjadi, seperti gagal mengirim pesan, atau masalah tidak bisa membuka WhatsApp. Tentu saja masalah-masalah ini bisa saja terjadi karena beberapa factor, bisa jadi karena server dari WhatsApp yang down tiba-tiba atau terbatasnya akses ke jaringan data selular di suatu wilayah.

Berikut tips yang bisa kalian coba untuk mengatasi masalah pada WhatsApp yang eror dan gagal jika berkirim pesan.

1 Periksa Jaringan Internet

Kadang masalah ini sering terjadi dan tidak disadari, setiap daerah mempunyai kekuatan sinyal berbeda-beda, kadang tak semua provider mendukung sinyal di tempat tersebut dan mendukung untuk digunakan mengakses internet. Untuk itu periksa kembali jaringan internet kalian, jika merasa ada masalah saat menggunakan whatsapp.

2 Jaringan 4G atau Lte

Jika merasa jaringan sudah oke namun tetap masih gagal atau pending dalam mengirim pesan, mungkin jaringan kalian yang lemah sehingga menyebabkan seringnya berubah-ubah dalam mengunci sinyal,maka kalian perlu menguncinya. Gunakan jaringan 4G atau LTE untuk mendapatkan sinyal yang bagus.

3 Hidup Dan Matikan Mode Pesawat

Cara lain yang bisa dilakukakn adalah menghidupkan lalu mematikan mode pesawat. Kalian bisa mencobanya, karena kadang disuatu wilayah jaringan itu akan terlihat full bar, namun ternyata hal itu bukan informasi sebenarnya.

4 Matikan Mode Hemat Daya

Selain sinyal, biasanya masalah WhatsApp pending ialah mode penghemat daya yang aktif. Pastikan mode Hemat Baterai / Battery Saver apakah hidup atau mati. Jika hidup maka matikan saja fitur Battery Saver ini.

Alasan mengapa fitur ini harus mati, karena jika fitur Hemat daya hidup maka ketika layar ponsel kamu sedang mati maka secara otomatis mobile data akan ikut off. Menjadikan jika ada pesan whatsapp yang masuk akan jadi pending, sampai kamu menghidupkan layar ponsel kembali.

5 Bersihkan Cache

Masalah saat WhatsApp eror juga bisa saja karena maslah cache aplikasimu yang sudah penuh. Kamu perlu membersihkan cache aplikasi tersebut agar WhatsApp bisa kembali normal.

6 Gunakan VPN Atau Sejenisnya

Masalah lainnya juga bisa disebabkan karena terjadinya suatu pembatasan akses kepada WhatsApp itu sendiri oleh provider atau pemerintah (mengingat kejadian yang terjadi di Indonesia pada beberapa waktu lalu) sehingga membuat akses kalian ke aplikasi ini menjadi terbatas dan berat.

Untuk itu kamu bisa coba untuk menggunakan VPN, caranya tinggal unduh aplikasi tersebut melalui toko aplikasi seperti Google Play Store atau Apps Store jia menggunakan iPhone, pastikan kalian mengunduh aplikasi yang sudah memiliki reputasi baik. Kami menyarankan untuk menggunakan VPN yang berbayar.

7 Pastikan Software Selalu Pada versi terbaru

Bisa saja masalah WhatsApp kalian menjadi pending dikarenakan aplikasi yang kalian gunakan sudah kadaluarsa, sehingga membuatnya menjadi pending, untuk mengatasinya kalian hanya perlu memeriksanya dan apabila kalian masih menggunakan versi lawas, kalian bisa mengupdatenya melalui toko aplikasi playstore.

8 Uninstall dan Install Ulang WhatsApp

Langkah terakhir yang bisa kalian lakukan jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan dan tidak ada efek sama sekali. Itulah beberapa tips dan trik mengatasi masalah pada WhatsApp error yang membuatmu tidak bisa mengirim pesan kepada teman teman atau atasan kalian yang bisa membuatnya kacau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here