Smartphone Find Oppo X
Spesifikasi Smartphone Find Oppo X

droidif.com, Berbagai inovasi dan fitur termutakhir hadir dalam smartphone flagship terbaru Oppo Find X yang dirilis tahun 2018. Ponsel pintar serie ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal saat pertama kali keluar.

Find X ini keluar setelah empat tahun dirilisnya Find 7, sebagai pendahulunya. Tentu saja ada beberapa peningkatan yang cukup signifikan, tidak hanya dari segi fitiur dan spesifikasi, tetapi juga dari segi desain.

Serie-serie keluaran Oppo memang menyasar segmen kelas menengah ke atas. Lalu, apa saja yang ditawarkan Oppo melalui Find X ini?

Informasi seputar Find X

1. Memiliki kamera geser

Ponsel pintar yang satu ini terlihat polos baik dari depan ataupun belakang. Tampak seperti tidak dilengkapi kamera sama sekali. Meski begitu, tidak berarti Find X benar-benar tidak punya keahlian memotret. Inilah keunggulannya, kamera smartphone ini tersembunyi di balik badannya.

Saat kamera tidak digunakan, makan Oppo ini akan terliihat polos seperti biasa saja. Ini karena Find X menggunakan sistem pop-up otomatis di bagian kamera. Saat aplikasi kamera dibuka, dengan sendirinya modul kamera akan muncul dari bagian atas perangkat. Pada modul ini sekaligus memuat kamera bagian depan dan belakang.

Modul kamera akan tersembunyi otomatis dalam bodi ponsel setelah aplikasi kamera ditutup. Sesuai dengan klaim, proses buka-tutup kamera ini hanya butuh waktu tidak lebih dari 0,5 detik saja.

Kamera depannya memiliki resolusi 25 megapiksel dengan aperture f/20 serta dilengkapi dengan adanya dukungan fitur face recognition 3D yang berfungsi dalam pengamanan perangkat.

Unit dual-camera di bagian belakang masing-masing beresolusi 16 megapiksel dengan aperture f/2.2 serta 20 megapiksel aperture f/20.

2. Kemiripan layar dengan Galaxy S9

Layar melengkung di sisi kiri dan kanan yang dimiliki Find X ini sama dengan bentuk layar yang sudah lama diusung oleh Samsung pada lini smartphone kelas atas. Kabarnya, komponen layar Oppon untuk ponsel ini dipasok langsung oleh Samsung.

Ini kali pertama Oppo mengusung konsep layar dengan dual-edge-curved seperti ini. Penggunaan layar lengkung ini memberikan kenyamanan bagi pengguna saat smartphone digenggam.

3. Bebas poni (notch)

Smartphone Oppo Find X
Spesifikasi smartphone Oppo Find X

Berbeda dari kebanyakan ponsel bezel-less, Find X ini terbebas dari desain poni (notch). Bahkan pada ponsel pintar ini juga tidak tersemat tombol home.

Desain ini membuat tampilan Find X terlihat ‘bersih’. Bingkai (bezel) ponsel yang satu ini cukup tinggi. Kombinasi ini membuat Find X seperti sepenuhnya layar. Rasio layarnya mencapai 93,8 persen.

4. Tidak dilengkapi fingerprint scanner

Layaknya iPhone X, Find X ini tidak tersemat fitur keamanan fingerprint scanner. Sebab, Oppo memilih teknologi pemindai wajah tiga dimensi dengan teknologi 3D Structured Light di kamera depan.

Find X menjadi Android kedua yang menggunakan teknologi ini setelah Mi 8 Explorer. Ponsel pertama yang dilengkapi fitur keamanan 3D ini tentu saja iPhone X.

5. Jack audio 3,5 mm diganti USB type C

Pada ponsel ini, colokan earphone 3,5 mm tidak lagi disediakan. Sehingga pengguna bisa menggunakan port USB-C atau menggunakan Bluetooth.

6. Slot microSD tidak tersedia

Pada ponsel ini, Oppo tidak menyediakan penyimpnanan data dengan microSD. Sebab storage yang ditanam pada ponsel ini dianggap sudah cukup besar, yaitu 256 GB atau 512 GB untuk versi khusus.

7. Hardware kelas atas

Find X menggunakan dapur pacu Qualcomm, yaitu Snapdragon 845 dengan clock speed 2,8 GHz dan chip grafis Adreno 630. RAM dan memorinya juga sangat besar, RAM 8 GB dan penyimpanan 256 atau 512 GB.

8. Harga di Indonesia

Saat pertama keluar, Oppo Find X ini dibanderol 999 euro di Eropa atau sekitar Rp16,3 juta. Tentu saja, harga Oppo ini akan semakin turun seiring dengan banyaknya ponsel sekelas yang hadir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here