Samsung Galaxy Z Flip
Mengetahui Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Flip

droidif.com, Samsung resmi merilis smartphone lipat terbarunya yakni Samsung Galaxy Z Flip pada pekan lalu. Di Indonesia, Gaalxy Z Flip dijual seharga Rp 21,8 juta. Meskipun banderol harganya selangit, tapi Galaxy Z Flip diklaim laris manis. Menurut Samsung Indonesia, saat pre-order pertama dibuka, stok Galaxy Z Flip langsung ludes dalam waktu hanya sekitar satu jam.

Galaxy Z Flip adalah smartphone lipat kedua yang dimiliki oleh Samsung. Sebelumnya ada Galaxy Fold namun memiliki konsep lipatan yang berbeda dengan Z Flip. Galaxy Z Flip dilipat di sumbu horizontal dari atas ke bawah seperti ponsel clamshell.

Berdasarkan artikel yang dimuat tempo.co, alasan Samsung membuat smartphone yang bisa dilipat adalah terus berinovasi serta memenuhi kebutuhan konsumen. Dimana kini konsumen membutuhkan smartphone dengan layar besar namun ukurannya compact.

Spesifikasi yang dimiliki ponsel canggih ini yakni memiliki ukuran layar 6,7 inci saat dibentangkan dan setengah dari ukuran tersebut saat dilipat. Galaxy Z Flip juga mengadopsi desain Infinity O alias lubang kamera yang nangkring di sisi atas layar. Lubang tersebut menampung kamera depan dengan resolusi 10 megapiksel.

Galaxy Z Flip masih memiliki dua kamera lain yang tersusun secara horizontal di bagian cangkang atas. Kamera tersebut memiliki resolusi 12 megapiksel (f/1.8) dan 12 megapiksel ultrawide. Di sebelah modul kamera terdapat LED flash dan layar kecil yang berfungsi untuk menampilkan notifikasi dan juga bisa digunakan untuk mengambil selfie.

Ponsel lipat ini juga ditenagai chip Snapdragon 855 Plus yang dipadu dengan RAM 8 GB dan internal 256 GB. Baterainya berkapasitas 3.300 mAh yang didukung pengisi daya cepat 15 watt. Di pinggiran bodi tersemat sensor sidik jari, sementara di bagian bawah terdapat port USB C dan speaker stereo. Galaxy Z Flip juga dibekali NFC.

Ada dua warna yang tersedia yang Mirror Purple dan Mirror Black. KompasTekno telah membuat tabel spesifikasi lengkap Galaxy Z Flip versi Indonesia yang dihimpun dari situs Samsung, Minggu (16/2/2020). Selengkapnya sebagai berikut.

Diketahui biaya servis layar rusak pada ponsel ini bisa mencapai harga Rp.6-8 juta. Verry Octavianus Wijaya, Samsung Mobile Product Manager Samsung Electronics Indonesia, mengatakan Samsung juga memberikan garansi khusus saat pembelian, yakni Premier Galaxy Z Flip selama satu tahun.

“Konsumen bisa melakukan garansi selama satu tahun untuk mengklaim jika terjadi sesuatu. Dan hanya membayar maksimum Rp 1,6 juta,” jelas Verry dalam acara Preview Galaxy Z Flip, di Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2020).

Biaya ini juga lebih mahal dibanding garansi khusus Galaxy Fold yang mencapai Rp 2 juta. Garansi ini khusus diberikan untuk penanganan layar utama Galaxy Z Flip. Pengguna hanya diberikan kesempatan satu kali untuk mengklaim garansi khusus ini. Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, M. Taufiq Furqan, mengatakan tidak ada kriteria kerusakan minimum untuk penggantian layar. Artinya pengguna bisa meminta penggantian layar meskipun kerusakannya sedikit.

“Misal kegores sedikit terus minta ganti ke service centre bisa aja”, kata Taufik.

Sementara untuk komponen lain termasuk layar sekunder, Samsung hanya menyediakan garansi biasa yang juga berlaku selama setahun. Verry juga mengingatkan pengguna Samsung Galazy Z Flip agar lebih berhati-hati menggunakan ponsel lipat dibanding ponsel biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here