Mesin Waktu
Mungkinkah Adanya dan Diciptakannya Mesin Waktu?

Droidif.com, Bicara soal mesin waktu atau perjalanan waktu yang masih dipertanyakan kebanarannya. Namun tanpa disadari hal ini mengilhami banyak film di dunia. Akan tetapi, apakah secara sains hal ini memungkinkan? Perjalanan waktu ini cukup banyak dibahas berdasarkan teori oleh para ilmuwan. Dibahas oleh Albert Einstein, pada skala tertentu perjalanan waktu memang memungkinkan adanya.

Teori Einstein yang dikenal dengan relativitas menyatakan bahwa waktu dapat melambat tergantung seberapa cepat seseorang bergerak. Teori tersebut kemudian dibuktikan oleh teknologi satelit GPS. Bedasarkan percobaan menggunakan dua jam yang diatur pada waktu yang sama persis. Satu jam tetap berada di Bumi, sementara yang satunya terbang dengan pesawat yang bergerak dengan arah yang sama dengan perputaran Bumi.

Setelah pesawat terbang ke seluruh dunia, para ilmuwan kemudian membandingkan kedua jam itu. Hasilnya, jam yang berada di pesawat bergerak sedikit lebih lambat dibandingkan jam yang ada di darat. Relativitas pada umumnya juga menjelaskan mengenai skenario perjalanan waktu kembali ke masa silam.  Namun belum ada teknologi yang memungkinkan manusia melakukan hal tersebut.

Ada pula teori jembatan yang dapat melalui ruang dan waktu, disebut juga lubang cacing atau wormhole. Wormhole ini memungkinkan sebuah obyek berjalan dari suatu titik ke titik yang lain lebih cepat dari cahaya.

Teori-teori mengenai mesin waktu ataupun perjalanan waktu memang belum bisa dibuktikan secara logis kebenarannya. Namun banyak orang yang terinspirasi akan hal ini kemudian membuatnya menjadi cerita fiksi. Tak jarang itu  kemudian dijadikan sebagai karya melalui buku, film dan lainnya.

Bagi para anak generasi tahun 90an mungkin sangat akrab dengan cerita film kartun doraemon. Ketika kita menontonnya akan banyak imajinasi bermain di dalamnya. Salah satunya mengenai mesin waktu yang dimiliki doraemon untuk membawa sahabatnya, Nobita pada masa depan dan masa lampau.

Namun tak jarang soal perjalanan waktu ini diyakini dengan teori yang membuktikan fisik berupa foto misalnya. Seperti adanya kepercayaan mengenai reinkarnasi, foto yang membuktikan ada teknologi maju di zaman lampau. Ada pula seorang kosmonot Rusia yang membuktikan hidup di masa depan dengan menghabiskan 804 hari di luar angkasa. Serta masih banyak teori lainnya mengenai mesin waktu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here