teori bumi datar
Penganut Teori Bumi Datar Rencanakan Lakukan Perjalanan ke Tepi Dunia

droidif.com, Sekelompok orang yang menganut teori bumi datar berencana melakukan ekspedisi ke Antartika. Mereka berharap dapat mengungkap sifat alami planet yang kita tempati ini. Seperti yang dilaporkan Forbes, para flat-earthers menunjukkan minat yang tinggi dalam perjalanan melintasi Antartika. Bagaimana rencana tepatnya belum diketahui, tapi mereka berencana menemukan totem penting dari teori bumi datar.

“Yang harus kami lakukan untuk menghentikan perdebatan selamanya adalah dengan mencari jawaban di Antartika,” kata Jay Decasby, seorang penganut teori bumi datar yang cukup terkenal.

“Jika bisa sampai ke lepas pantai Antartika kemudian berlayar di sepanjang jalan di sekitarnya, kami akan mendapatkan jarak yang membuktikan bahwa tepi luar bumi adalah rata. Dengan begitu, kami bisa menyangkal setiap argumen yang mendukung heliosentris,” paparnya.

Alam Antartika sendiri menjadi momok penting bagi para penganut teori bumi datar. Dalam situsnya, The Flat Earth Society menjelaskan bahwa “di tepi Antartika ada Tembok Es Raksasa setinggi 150 kaki dengan ketebalan beberapa ratus meter”.

Pada dasarnya, flat-earthers menganggap bahwa planet kita berbentuk datar dalam bentuk compact disk yang dibatasi es Antartika (seperti berada dalam kubah salju). Menurut mereka, tujuan tembok es tadi adalah menghalangi penjelajah untuk melewatinya atau agar manusia tidak jatuh ke jurang di tepi Bumi.

Penganut teori bumi datar juga tidak mempercayai ekspedisi melintasi Antartika yang sudah dilakukan beberapa penjelajah. Namun, bagaimana pun juga, perjanjian Antartika yang ditandangani pada 1961 mungkin akan membuat rencana penganut bumi datar sulit direalisasikan. Tujuan utama perjanjian internasional ini adalah menolak klaim kedaulatan di wilayah Antartika.

Sementara itu, para flat-earthers berpendapat, Perjanjian Antartika sangat membatasi eksplorasi di area tersebut. Harusnya, menurut mereka, Antartika memiliki ‘kebebasan penyelidikan ilmiah’. Apakah aksi mereka ini dikategorikan sebagai sains masih menjadi perdebatan. Mari kita tunggu kabar selanjutnya.

Mark Hughes yang juga penganut paham Bumi Datar meninggal dunia di dalam roket buatannya sendiri. Mark tewas saat syuting untuk acara Homemade Astronauts untuk stasiun televisi Science Channel. Ia meyakini teori bumi datar berdasarkan beberapa fakta.

Berikut fakta tentang Teori Bumi Datar yang diyakini oleh Hughes:

1. Konspirasi NASA

Melansir Live Science, Komunitas Bumi Datar meyakini bahwa permukaan planet bumi adalah datar. Mereka menyatakan Bumi bulat adalah konspirasi badan antariksa Amerika Serikat (NASA) dan lembaga pemerintah lainnya. Teori bumi datar terkemuka menyatakan Bumi adalah piringan dengan Lingkaran Arktik di pusat dan Antartika, sebuah dinding es setinggi 150 kaki di sekeliling lingkaran. Karyawan NASA, kata mereka, menjaga tembok es itu untuk mencegah orang memanjat dan jatuh dari piringan.

2. Matahari dan Bulan Mengitari Bidang Bumi

Komunitas bumi datar menjelaskan siklus siang dan dalam terjadi karena matahari dan bulan yang merupakan bola berukuran 32 mil (51 kilometer) bergerak dalam lingkaran 3.000 mil (4.828 km) di atas bidang bumi. Mereka percaya ada ‘antimoon’ yang tak terlihat yang mengaburkan bulan selama gerhana bulan.

3. Gravitasi Adalah Ilusi

Penganut paham bumi datar menyatakan gravitasi adalah ilusi. Mereka berkata sebuah objek tidak berakselerasi ke bawah, melainkan Bumi yang berakselerasi ke atas pada 32 kaki per detik kuadrat (9,8 meter per detik kuadrat) didorong oleh kekuatan misterius yang disebut dark energy. Adapun apa yang terletak di bawah cakram Bumi, mereka mengaku tidak mengetahui. Namun sebagian besar penganut bumi datar percaya itu terdiri dari batu.

4. Foto Bumi Bulat Editan

Komunitas bumi datar percaya bahwa foto yang menampilkan bahwa bumi bulat adalah hasil editan. Mereka juga menyatakan bahwa perangkat GPS dibuat untuk membuat pilot pesawat berpikir mereka terbang dalam garis lurus di sekitar bola ketika mereka benar-benar terbang dalam lingkaran di atas piringan bumi. Belum ada keterangan resmi mengenai motif di balik bumi adalah datar dirahasiakan. Namun, penganut bumi datar menilai hal itu ada kaitannya dengan finansial.

“Singkatnya, secara logis akan jauh lebih murah untuk memalsukan program luar angkasa daripada benar-benar memilikinya. Jadi mereka yang mendapat keuntungan konspirasi dari pendanaan yang diterima NASA dan badan antariksa lainnya dari pemerintah,” kutip halaman FAQ situs web bumi datar menjelaskan.

5. Sejumlah Artis Percaya

Sejumlah selebritis mengaku percaya bahwa bumi adalah datar. Salah satu adalah rapper Bobby Ray Simmons Jr (dikenal sebagai BobB). Dia diketahui merilis sebuah lagu yang disebut ‘Flatline’ sebagai respon atas perdebatan dengan astrofisikawan Neil deGrasse Tyson. Selain BoB, mantan pemain NBA Shaquille O’Neal juga sempat menyatakan bahwa bumi datar usai berkendara dari Florida ke California dalam sebuah podcast yang ditayangkan pada 27 Februari 2017. Namun Shaq mengklarifikasi bahwa pernyataannya adalah candaan.

6. Motode Zetetik

Wakil presiden Flat Earth Society Michael Wilmore menuturkan metode zetetik menekankan pada rekonsiliasi empirisme, rasionalisme, dan membuat deduksi logis berdasarkan data empiris. Dalam astronomi Zetetik Teori Bumi Datar mengarah pada deduksi bahwa bumi itu benar-benar datar; ‘antimoon’, konspirasi NASA, dan yang lainnya hanyalah rasionalisasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here