cara isi freon AC rumah
Cara isi freon AC rumah ini bisa dipraktekan di rumah.

Droidif.com, Ada banyak masalah yang menyebabkan AC menjadi tidak dingin, dan salah satu penyebabnya adalah kekurangan freon. Ketika freon pada AC berkurang dan tidak sesuai dengan standar bisa menyebabkan terbentuknya bunga es pada pipa di dekat katup valve outdoor yang bisa menyebabkan kompresor menjadi cepat panas dan lama kelamaan dapat mengalami kerusakan. Adapun salah satu mengatasi hal ini dengan mengisi kembali freon AC yang kadarnya sudah minim ini. Pengisian freon pun bisa dilakukan di rumah oleh tukang service AC, akan tetapi Anda juga dapat mengisinya sendiri di rumah lho. Cara Isi Freon AC rumah pun tidaklah sulit.

Mempelajari cara isi freon AC rumah pun bukanlah hal yang sulit. Ingin tahu caranya? Berikut adalah cara mengisi freon AC di rumah yang dapat Anda praktekan sendiri:

Pasang Manifold ke Kompresor atau Outdoor

Cara isi freon AC rumah ini bisa dipraktekan sendiri di rumah.

Pertama yang perlu dikakukan adalah membuka penutup pentik komperesor atau outdoor. Kemudian pasangkan selang manifold ke kompresor. Cara untuk memperbaikinya pun mudah, yaitu dengan memasangkan satu selang manifold ke komperesor, selanjutnya pasangkan selang kedua ke tabung yang berisikan freon.

Untuk freon dengan jenis R410 dan R32 sebaiknya Anda menyiapkan sambungan ujung manifold yang ukurannya sesai dengan pentil pada AC yang jenis freonnya juga sama yaitu R32 dan R410. Hal ini karena untuk ujung selangnya nanti ukurannya akan lebih besar dari freon R22.

Selain itu, selang yang dipasangkan menuju ke komperesor harusnya sesuai. Selang yang akan terhubung ke pengisian manifold ini harus terpasang dengan benar. Sebab jika tak terpasang dengan benar atau salah dalam pemasangannya maka jarum pada manifold tidak akan bergerak.

Isi Freon Secara Perlahan

Ketika Anda mengisi freon AC lakukanlah secara perlahan dan jangan tergesa-gesa. Caranya yaitu dengan membuka katup manifold terlebih dahulu, kemudian perhatikan pergerakan jarum manifold yang naik. Selanjutnya, lakukan pengusian freon dengan perlahan dan jangan terlalu cepat. Jangan buka bukaan manifold secara penuh, lakukanlah secara sedikit demi sedikit lalu tahan dan tutup lagi.

Lakukanlah pengisian sevcara hati-hati. Perlu diperhatikan, ketika melakukan pengisian di angka 3- sampai 40 psi maka pipa ac akan mengeluarkan es. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ini merupakan hal yang normal. Lakukanlah pengisian secara terus menerus hingga bunga esnya hilang, dan jika jarum sudah menunjukan angka diatas 40 psi maka es yang berada pada pipa akan hilang dengan sendirinya.

Sesuaikan Tekanan Freon dengan PK AC dan Ampere Komperesor

Ketika Anda memutuskan tekanan freon yang akan diisi, sebaiknya perhatian dulu ukuran PK pada AC yang dimiliki. Anda bisa menggunakan tang empere untuk mengetahui batas ampere maksimal ac yang dimiliki sehingga Anda dapat menyesuaikan tekanan freon.

Jika ukuran AC yang dimiliki 0,5 pk maka sebaiknya isi freon dengan tekanan 60-70 psi. Jika ukuran AC ¾ dan 1 pk maka tekanan maksimalnya adalah 80-90 psi. Akan tetapi, sebaiknya Anda perlu membuat patokan yang berdasar pada ampere dari komperesor, sebab bila ampere melebihi batas maka komperesor bisa mengalami overload atau memutus.

Untuk tambahan, untuk AC dengan jenis freon R32 dan R410 sebelum melakukan pengisian freon sebainya Ac di vacum dulu. Hal ini untuk membersihkan kotoran dan sisa air yang tertinggal di dalam pipa. Sedangkan untuk jenis R22, proses vacum bisa dilakukan menggunakan vacum atau tanpa vacum body tanpa alat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here