Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar
Berbagai cara memperbaiki kipas angin tidak berputar dengan penyebab yang berbeda-beda.

Droidif.com, Permasalahan pada kipas angin ini cukup sering dikeluhan oleh pemilik kipas angin. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa memperbaiki kipas angin yang berdengung dan tidak mau berputar secara mandiri di rumah tanpa bantuan tukang servis. Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar pun bisa dicoba dengan cara ini.

Perlu diperhatikan bagi pemilik kipas angin. Ada kebiasaan-kebiasaan kurang baik seperti membelokan bagian kepala kipas angin secara paksa dapat memicu timbulnya suara dengung pada kipas angin.

Berikut cara memperbaiki kipas angin tidak berputar dengan berbagai faktor penyebabnya:

Kipas Angin Tidak Berputar dan Mengeluarkan suara Dengung

Kerusakan kipas angin satu ini biasanya disebabkan karena bushing atau bearing yang berada dalam kipas mengalami kerusakan. Bushing yang telah rusak ini biasanya tidak bisa lagi diperbaiki. Hal ini karena pengunci penutup bushing ini patah sehingga perlu diganti dengan yang baru.

Bushing memiliki fungsi sebagai kedudukan as kipas, apabila kedudukannya tidak sudah bagus bisa dipastikan jika kipas tidak bisa berputar dengan baik bahkan bisa menyebabkan kipas tidak mau berputar.

Selain itu, kerusakan pada bushing diakibatkan keausan dan menyebabkan getaran keras. Gertaran ini biasanya terjadi ketika kipas sedang berputar atau membengkokan kipas dengan cara yang tidak benar atau secara kasar.  Salah-salah, bisa menyebabkan as berputar dengan tidak stabil dan menyebabkan gesekan pada pengunci penutup bushing yang bisa membuat penguncinya patah.

Berikut cara mengganti bushing kipas angin yang gosong:

  • Pertama buka penutup kipas
  • Berikutnya lepaskan ke empat baut yang berada di bagian belakang atau dekat kumparan
  • Selanjutnya, keluarkan bushing yang rusak dan ganti dengan yang baru. Setelah itu pasang kembali empat baut dan pasang baling-baling.
  • Setelah instalasi baut dan baling-baling selesai, Anda bisa mencobanya dengan menghidupkan kipas. Jika sudah berputar dengan normal, selesaikan pemasangan penutup kipas angin.

Kipas Angin Tak Dapat Berputar dan Tak Ada Suara Dengung

Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar dengan mengecek apakah sekring rusak atau tidak.

Kerusakan satu ini bisa dipastikan akibat dari sekring (fuse) yang ada di dalam kipas telah putus. Sekring ini berfungsi sebagai komponen pengaman dalam sebuah peralatan elektronik, dan pada kipas angin berfungsi untuk mengamankan kipas dari panas yang berlebihan dan akan melindungi kumparan agar tidak terbakar. Sekring akan memutuskan dirinya jika kondisi kumparan terlalu panas dan akan mencegahnya dari terbakar.

Untuk mengecek apakah sekring rusak atau tidak, Anda bisa melakukannya dengan mengukur menggunakan multitester. Jika tidak ada multitester, bisa juga mengeceknya dengan cara melepaskan sekring dan menghubungkannya ke kabel tanpa sekring. Jika kipas berputar ini berarti sekring rusak, dan jika kipas tak mau berputar berarti sekring masih dalam kondisi bagus.

Berikut adalah cara mengganti fuse atau sekring yang telah rusak:

  • Pertama buka penutup mesin kipas pada bagian belakang
  • Kemudian, cari sekring yang berada di dekat kumparan. Lakukan secara perlahan agar kabel lainnya tidak putus
  • Setelah menemukan sekring, copot sekring yang telah rusak dengan yang baru. Caranya yaitu dengan melilitkan kabel dengan kuat kemudian membungkusnya dengan pengaman sambungan yang telah ada sebelumnya.
  • Setelah selesai, Anda bisa merapikan kembali semua kabel dan pasang penutup bagian belakang kipas.

Itu beberapa cara memperbaiki kipas angin yang tidak bisa berputar dengan berbagai penyebabnya yang bisa dipraktekan sendiri di rumah. Akan tetapi, jika tidak begitu yakin untuk membetulkannya sendiri alangkah baiknya menggunakan jasa servis kipas angin untuk memperbaiki kerusakan ini. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here