Tips membeli baterai laptop
Tips membeli baterai laptop

Droidif.com, Komputer atau laptop telah menjadi salah satu alat elektronik yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam tingkat mana pun, mulai dari siswa, mahasiswa, hingga karyawan. Komputer portable atau biasa disebut laptop ini dianggap sangat praktis dibawa kemana saja karena berat dan ukurannya yang tidak terlalu besar. Sering kali baterai laptop menjadi salah satu kendala, bisa jadi daya tahannya tidak telalu lama atau biasa disebut bocor. Namun, masih banyak pengguna laptop yang masih bingung bagaimana cara cermat untuk membeli baterai laptop. Berikut sejumlah tips membeli baterai laptop.

Sejumlah pengguna laptop apalagi yang masih awam mengenai suku cadangnya, banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara membeli baterai laptop. Seperti di mana membelinya, serta jenis apa yang cocok dengan laptopnya. Terlebih lagi, banyak pula yang belum mengetahui cara membedakan antara baterai laptop asli dengan baterai laptop yang KW alias abal-abal. Untuk pemula Anda memerulukna tips membeli baterai laptop.

Jika Anda memilih untuk membeli baterai baru dari pihak ketiga, pastikan untuk tidak salah memilih baterai. Membeli baterai baru di produsen resmi pembuat laptop, harga yang ditawarkan cerderung lebih mahal dari distribustor tidak resmi, dan ini cocok untuk Anda yang memiliki budget pas-pasan tapi sangat butuh baterai baru untuk laptop.

Selain itu penjual pada pihak ketika seringkali memiliki jenis baterai yang lebih lengkap dari prosen atau distributor resmi. Diketahui jika produsen laptop tidak selali memproduksi baterai laptop yang dibuat oleh perusahaannya. Sejumlah produsen laptop menggunakan baterai yang dibuat oleh vendor lain dan akibatnya baterai yang dicari bisa jadi memilikiduplikat tidak resmi yang bisa di jumpai di pasaran seperti KW super atau ORI OEM.

Diperlukan tips membeli baterai laptop agar tidak salah-salah.

Pertama, perlu di perhatikan spesifikasinya. Perhatikan spesifikasi baterai baik dari bagian bawah baterai hingga dari produsen komputer. Kedua, adalah jenisnya. Untuk mendapatkan baterai yang tepat perlu diperhatikan : Mikel Kadmium (Nicad) , Nikel Metal Hybrid (NiMH), atau Lithium ion (Li-ion). Disini perlu diperhatikan berapa jumlah sel yang ada di dalam baterai yang Anda miliki dan pilih juga yang sesuai dengan kapasitas baterai Anda. Ketiga, produsennya. Sejumlah laptop bisa menggunakan produsen baterai tertentu. Verifikasinya jika baterai produsen pihak ketiga yang digunakan. Pastikan juga baterai tidak khusus atau eksklusif sehingga bisa membeli dari pihak ketiga. Keempat tegangannya. Perhatikan tegangan baterai yang sesuai dengan laptop yang dimiliki. Kelima ada mAh. Verifikasi mAh jumlahnya bisa bervariasi tergantung baterainya.

Keenam, sebelum memberi baterai pemilik laptop perlu memastikan dan memperhatikan garansi baterai laptop serta berapa lama masa berlaku garansi tersebut. Hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih mudah untuk mengembalikan jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan lagi, serta baterai bisa digantikn dengan yang baru atau mengambil uang Anda kembali.

Ketujuh perlu Anda memperhatikan harganya. Tentu hal ini menjadi pertimbangan utama untuk Anda yang memiliki budget pas-pasan. Harga dari baterai sendiri bisa bervariasi tergantung pada kuantitan baterai, ukuran, serta umur laptop. Sejumlah baterai yang paling populer memiliki harga kisaran beragam. Berikut beberapa diantaranya:

NiCad Battery memiliki kisaran harga 80 US Dolar sampai 150 US Dolar. Untuk NiMH baterai berkisar 100 US Dolar hingga 160 US Dolar, dan untuk Li-Io baterai 100 US Dolar hingga 180 US Dolar. Untuk tempat membeli baterai laptop, Anda bisa mengunjungi toko elektronik dan bisa membelinya di toko online yang terpecaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here