Mobil Toyota Supra Indonesia
Mobil Toyota Supra Indonesia 2019

Droidif.com, Toyota ternyata juga punya satu mobil sport yang legendaris. Adalah mobil Toyota Supra yang dipasarkan sejak tahun 1978. Bahkan generasi kelima alias yang terbaru sudah rilis pada Januari 2019 dan akan diboyong masuk ke ke dalam negeri. Namun, keberadaan Toyota Supra Indonesia ini masih dipelajari karena segmen pasarnya dinilai sempit.

Setelah lama vakum, akhirnya Toyota mengeluarkan mobil sport lagi. Mobil ini dirancang dengan berkolaborasi bersama BMW. Diketahui platform yang digunakan sama dengan BMW Z4 generasi ketiga. Mobil sport yang digunakan untuk syuting film Fast & Furious 9 ini memiliki mesin 6 silinder.

Hal-hal yang Perlu Diketahui tentang Toyota Supra Indonesia

1. Toyota Rasa BMW

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa, Toyota Supra generasi kelima ini menggunakan platform yang sama dengan BMW Z4 generasi ketiga berkat kerja sama keduanya.

Nuansa baru interior Supra ini didesain mirip dengan generasi baru BMW Z4 dengan dasbor yang dilengkapi tombol putar pengaturan di konsol tengah. Ini mirip dengan mobil-mobil BMW.

Tidak hanya sama dari segi interior, Toyota Supra ini menggunakan mesin yanng sama dengan BMW Z4, 6-silinder 3.000 cc turbo. Namun, output dari mesin Supra dibuat lebih kalem.

2. Spesifikasi Toyota Supra

Toyota Supra Indonesia 2019
Mesin Toyota Supra Indonesia 2019 seperti BMW

Desain Supra ini dirancang modern dan mewah terlebih karakter balap dibuat sangat menonjol pada mobil ini. Mesin yang digunakan berkapasitas 3.000 cc yang dilengkapi dengan turbocharger. Tenaga yang dihasilkan mobil tersebut sebesar 335 Hp dengan torsi puncak 500 Nm. Dari waktu diam hingga dalam waktu 4.5 detik, kecepatan yang dihasilkan bisa mencapai 100 kpj.

Selain dari segi mesin, interior Toyota Supra juga sangat mewah. Teknologi terbaru juga tersemat pada generasi kelima Toyota Supra ini. Seperti instrumen panel digital, driver assistance suite, dan juga navigasi built-in. Bahkan sistem hiburannya akan menggunakan milik BMW iDrive namun dengan tampilan ala Toyota.

3. Harga Toyota Supra Indonesia

Pada gelaran GIIAS 2019 lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan secara resmi mobil sport ini ke pasar Indonesia. Meskipun pada saat itu harga Toyota Supra Indonesia belum diumumkan.

Kemudian, harga resmi sport car legendaris tersebut akhirnya diumumkan juga. Bila ingin memiliki mobil spoort nan mewah ini, kamu cukup menyediakan budget sekitar Rp 1,995 miliar on the road Jakarta.

Untuk harga mobil bekasnya, Toyota Supra ini diprediksi akan mahal juga. Pasalnya, di pasar mobil bekas, dari generasi eprtama hingga terakhir masih tetap bervariasi. Dan harganya masih bervariasi tergantung kondisi dan tahunnya. Apalagi mobil terbaru ini, tentu wajar jika masih mahal. Selain mahal, biasanya membeli mobil bekas juga akan sulit pengurusan administrasinya, termasuk balik nama mobil.

4. Kendala menjual Toyota Supra di Indonesia

Menjual mobil sport Supra di pasar Tanah Air disebut tidak akan mudah. Hal ini karena ada beberapa kendala yang akan dihadapi.

Diperkirakan harga jual Toyota Supra yang selangit dan spesifikasi mesin yang lumayan sulit disesuaikan di dalam negeri. Terlebih dengan adanya patokan harmonisasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang tengah digencarkan pemerintah.

Selain itu, mesin Toyota Supra Indonesia ini diprediksi akan sulit memenuhi aturan baru mengenai emisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here