Polusi udara di kota-kota besar
Penyebab polusi udara di perkotaan besar

Droidif.com, Polusi udara merupakan pelepasan gas, padatan halus, dan aerosol cair ke udara. Ini merupakan masalah utama pada kota-kota besar. Tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan udara di pedesaan yang sejuk dan bersih. Lalu apa sajakah penyebab polusi pada udara di kota-kota besar?

Tentu penyebab udara tidak bersih pada daerah perkotaan sangat banyak. Yaitu pembakaran bahan bakar fosil atau asap kendaraan, aktivitas industri, kegiatan rumah tangga, sampah, dan asap rokok. Hal-hal yang disebutkan tersebut merupakan faktor tingginya pencemaran udara di perkotaan.

Di Indonesia sendiri, Ibu Kota Jakarta merupakan kota besar dengan tingkat pencemaran udara cukup tinggi. Padatnya mobilitas memicu terjadinya hal tersebut. Namun perlu kamu ketahui bahwa pencemaran udara memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan manusia, bahkan bisa menyebabkan timbulnya penyakit yang cukup serius.

Berikut dampak negative polusi udara:

1. Gangguan Pernafasan

Dampak pencemaran udara yang berasal dari asap kendaraan, asap pabrik, asap rokok, dan lain-lain bisa memicu terjadinya gangguan pernapasan, seperti asma, ISPA, dan parahnya lagi kanker paru-paru. 

2. Mengganggu Sirkulasi Oksigen ke Dalam Darah

Bukan hanya pada saluran pernapasan, sistem peredaran darah juga dapat terganggu akibat dari pencemaran udara. Zat karbon monoksida (CO) dengan jumlah yang banyak membuat kadar protein inflamasi sehingga membuat pengentalan pada darah bertambah. Itulah yang memicu terjadinya peradangan pada pembuluh darah yang mengakibatkan penyakit kardiovaskular.

3. Pemicu Keguguran dan Autisme

Pencemaran udara juga sangat membahayakan bagi diri dan janinnya. Bahayanya, dampak negatif dari pencemaran udara bagi ibu hamil bisa memicu peradangan di seluruh tubuhnya, tidak hanya itu tetapi juga memicu kelahiran bayi prematur. Bagi janin, keadaan tersebutb dapat mengakibatkan keguguran, asma, dan memicu autisme.

4. Pemanasan Global

Pemanasan global merupakan salah satu dampak pencemaran udara. Akibatnya adalah suhu udara di seluruh dunia yang meningkat, permukaan laut yang meninggi, dan membuat banyaknya es di daerah yang dingin lebih mudah mencair.

Itulah dampak negatif yang timbul akibat polusi udara. Oleh sebab itu, masyarakat harus lebih menjaga diri dari paparan pencemaran udara. Serta lebih peduli terhadap lingkungan untuk mengurangi mobilitas kendaraan, tidak merokok di sembarang tempat, dan terus menciptakan lingkungan hijau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here