fitur whatsapp
fitur terbaru Whatsapp

droidif.com, Aplikasi whatsapp dikabarkan segera melakukan perubahan pada fitur yang sebelumnya telah ada, atau dikenal dengan upgrade. Fitur yang di upgrade ini bisa menjadi sesuatu yang akan merugikan penggunanya. Meskipun belum resmi dilakukan, ada baiknya para pengguna aplikasi ini mengetahui rencana ini.

Kemungkinan besar sebagian dari pengguna aplikasi ini pernah melakukan atau sekedar mengetahui bahwa, pesan yang telah dikirim dapat dihapus. Baik itu dari room chat anda maupun room chat si penerima pesan dengan keterangan “This message was deleted” pada room chat. Inilah perubahan maupun upgrade yang mungkin akan segara dilakuka.

Jika sebelumnya saat pengguna menghapus pesan yang telah dikirim dan dapat dipastikan pesan itu benar-benar telah terhapus dan tidak akan kembali lagi. Akan tetapi kini whatsapp berencana untuk melakukan perubahan waktu penghapusan pesan yang telah dikirim. Rencananya perubahan itu akan dilakukan pada jangka waktu pesan itu terhapus. Pesan hanya akan bisa dihapus pada room chat dengan jangka waktu 13 jam, 8 menit, 16 detik setelah pesan itu terkirim.

 Jadi pesan itu hanya dapat dihapus setelah terkirim dalam jangka waktu yang ditentukan. Ini dapat merugikan dan menjadi kabar buruk bagi pengguna karena pesan yang mereka yang telah terkirim mungkin tidak terhapus. Sehingga penerima pesan tetap bisa membaca pesan yang telah dihapus terhitung sebelum 13 jam saat pesan diterima.

Ini sangat mungkin terjadi, misalnya saat anda tidak sengaja mengirim pesan sebuah pesan kepada seseorang. Kemudian pesan telah sampai kepada si penerima, lalu mematikan ponselnya sebelum anda sempat menghapusnya. Anda hanya bisa menghapus pesan yang anda kirim setelah 14 jam berlalu.

Apabila pesan belum terkirim kepada si penerima maka pesan akan dihapus dari server whatsapp, sehingga tidaka akan menyebabkan masalah. Namun, akan ada saat dimana anda berubah pikiran mengenai pesan tersebut, tapi tidak bisa menghapus pesan tersebut.

Di sisi lainnya, fitur terbaru ini juga dianggap sebagai bentuk perlindungan terhadap orang yang menghapus pesan lama dari threads. Sementara itu, fungsi “hapus untuk semua atau deleted for everyone” diperkenalkan tahun lalu. Saat itu fitur menawarkan kesempatan untuk menghapus pesan hingga tujuh menit setelah dikirim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here