Xiaomi Mi A2
Xiaomi Mi A2

Droidif.com, Perusahaan gawai pintar asal Tiongkok telah meluncurkan seri kedua Android One yaitu Xiaomi Mi A2. Pengumuman pertama Mi A2 ini pertama diumumkan di kota Madrid, Spanyol pada 24 Juli 2018 lalu. Kemunculan Mi A2 ini menandai kedatangan perangkat dengan OS Android Stock di pasar gawai pintar di dunia dan khususnya di Indonesia.

Di Indonesia, Xiaomi Mi A2 ini resmi dijual pada 27 September 2018. Smartphone ini hadir dengan 5 warna yang menarik yaitu hitam (black), emas (gold). Biru (blue), dan merah (red).  Ukuran layarnya pun sudah yang mengikuti zaman yaitu dengan rasio 18:9. Layar juga dilengkapi dengan Gorilla Glass 5. Selain itu jenis port USB nya adalah Type C yang merupakan standar smartphone kekinian.

Menurut Head of Xiaomi South Pasific Region & Indonesia Country Manager Steven Shi, generasi penerus Android One dari Xiaomi ini adalah jawaban dari kebutuhan pelanggan akan smartphone fotografi yang powerfull.

Pada generasi kedua ini terdapat beberapa peningkatan yang ada pasa Mi A2 ini. Diantaranya adalah prsessor dan kamera. Untuk prosessor Xiaomi Mi A2 ini memiliki prosessor Snapdragon 625, sedangkan Mi A2 mengusung versi yang lebih canggih yaitu Snapdragon 660.

Kombinasi antara Android Stock dan RAM 4GB, Mi A2 ini menawarkan performa yang mulus ketika menjalankan aplikasi secara bersamaan. Mi A2 ini mempu menunjang penggunaan sehari-hari seperti memotret, merekam video, bermain game, dan chatting dengan aplikasi olah pesan atau media social.

Varian warna Xiaomi Mi A2

Untuk memori peyimpanan internal, Mi A2 menawarkan kapasitas RAM 64GB. Dengan RAM yang besar ini , Xiaomi Mi A2 ini tidak menyertakan slot microSD yang biasa digunakan untuk memperluas kapasitas penyimpanan di dalam gawai Anda.

Namun, kapasitas baterai yang ditawarkan oleh Mi A2 ini tidaklah lebih besar dari generasi sebelumnya. Mi A1 memiliki kapasitas 3.080 mAh sedangkan untuk Mi A2 memiliki kapasitas 3.010 mAh.  Akan tetapi, berkat tidak banyak aplikasi bawaan atau bloatware serta dilengkapi dengan Snapdragon 660, baterai Mi A2 ini bisa bertahan lebih lama.

Bagi pecinta fotografi tentunya Mi A2 ini bisa menjadi pilihan. Dari segi kamera, Xiaomi Mi A2 ini dibekali dengan kamera belakang dual-lensa dengan resolusi 12 MP dan 20 MP, sedangkan untuk kamera depan dibekali dengan kamera beresolusi 20 MP. Hal ini merupakan peningkatan yang cukup bagus karena pendahulunya Mi A1 kamera belakang hanya beresolusi 12 MP + 12 MP dan kamera depan 5 MP.

Selain itu Mi A2 ini telah dilengkapi oleh teknologi Artificial Intelligence Engine (AIE). Kombinasi ini bisa memberikan kualitas kamera yang jauh lebih meningkat. Kamera ponsel ini dibekali dengan sensor Sony IMX376 yang telah dilengkapi AI Potrait, AI Beautify 4.0, HDR, serta selfie light 4.500k yang membuat selfie pengguna akan lebih indah.

Mi A2 juga memiliki kemampuan untuk merekam video dengan format 4K, Time lapse, dan Slow-mo lho jadi tidak kalah dengan jenis smartphone lainnya.

Ketika diluncurkan Xiaomi Mi A2 memiliki tipe lainnya yaitu Mi A2 Lite. Yang membedekannya adalah resolusi kameranya. Mi A2 Lite memiliki resolusi yang lebih rendah. Untuk kamera belakang dual-kamera dengan resolusi 12 MP + 12 MP dan kamera depan dengan 5 MP. Namun yang lebih menguntungkan adalah Mi A2 Lite ini memiliki baterai dengan kapasitas 4000 mAh. Untuk kapasitas memori terdapat dua jenis yaitu RAM 4 GB/ROM 64 GB dan RAM 3 GB/ROM 32 GB.

Untuk harganya Xiaomi Mi A2 dibandrol dengan harga 3,699 juta dan untuk Xiaomi Mi A2 Lite untuk RAM 3 GB/ROM 32 GB dibandrol dengan harga Rp 2,499 juta dan RAM 4 GB/ROM 64 GB dengan harga 2,999 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here